Saturday, 22 September 2018

Sambut Musim Hujan, 12 Waduk Segera Dinormalisasi

Minggu, 29 September 2013 — 20:35 WIB
Waduk Tomang Barat.yogi-n

BALAIKOTA –    Pemprov DKI Jakarta segera menormalisasi 12 waduk yang ada di ibu kota. Normalisasi dikerjakan untuk menyambut musim penghujan yang diprediksi akan berlangsung mulai Oktober nanti.

Waduk Tomang Barat.yogi-330

Sejumlah pekerja membersihkan tanaman eceng gondok yang menutupi hampir seluruh permukaan Waduk Tomang Barat, di Kelurahan Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (29/9). – Yogi

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Manggas Rudi Siahaan mengatakan, di Jakarta sendiri, setidaknya terdapat 60 waduk dengan kondisi bervariatif.

“Minimal kita akan keruk 12 waduk hingga akhir tahun ini, tapi bisa saja bertambah tergantung anggaran yang disetujui dalam APBD Perubahan,” ujar Manggas, Minggu (29/9) sebagaimana ditayangkan situs beritajakarta.com.

Waduk Tomang Barat.yogi-475

Waduk seluas sekitar 6 hektare itu menjadi target selanjutnya dalam program normalisasi waduk oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.(yogi)

Waduk yang akan dinormalisasi diantaranya Waduk Bojong, Waduk Sunter, dan Wadu Teluk Gong. Sementara tiga waduk lainnya sudah dalam proses pengerukan seperti Waduk Pluit, Waduk Ria Rio, dan Waduk Tomang. “Kita lagi data waduk mana saja yang akan diutamakan,” katanya.

Dikatakan Manggas, kondisi waduk di Jakarta saat ini sangat bervariasi, mulai dari dipenuhi tumbuhan eceng gondok, bangunan liar, serta dangkal karena adanya endapan.

Waduk yang diprioritaskan untuk dikeruk, yang kondisinya paling parah. Sehingga diharapkan pada musim pengujan tahun ini, bisa berfungsi seperti semula yakni menampung air.

“Yang kondisinya paling parah diprioritaskan. Kita targetkan pada akhir Desember rampung. Agar bisa menampung air dan mengurangi banjir di Jakarta. Karena kan fungsi utama waduk memang untuk menampung air, sehingga air tidak lagi menggenang di pemukiman warga,” ucapnya.

APBD PERUBAHAN

Sementara untuk besaran anggaran, sambung Manggas, pihaknya masih menunggu keputusan dewan terkait pengesahan APBD Perubahan. Namun untuk setiap waduk anggarannya bervariatif sesuai dengan kondisi dan luas waduk yang akan dinormalisasi.

“Anggarannya kita masih tunggu disahkannya APBD Perubahan, tapi tiap waduk bervariasi kira-kira bisa sampai Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar,” katanya.(dms/d

  • Mangap

    Waduk Papango di dekat calon Stadion BMW kok nggak disebutkan ? padahal kondisinya juga cukup perlu perhatian. dangkal dan banyak enceng gondoknya. semoga bisa segera di keruk juga karena musim penghujan sudah dekat