Wednesday, 19 June 2019

Hari Kesaktian Pancasila Diperingati di Bogor

Selasa, 1 Oktober 2013 — 22:49 WIB
hpkbog110

BOGOR (pos Kota) – Pancasila adalah ideologi bangsa sebagai perekat bangsa Indonesia. Pancasila telah berkali-kali diuji dan terbukti kesaktiannya hingga kini. “Sebab itu kita berkumpul hari ini dengan berikrar Pancasila tetap ideologi bangsa sampai kapan pun,” kata Bupati Bogor Rahta Yasin saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila (HKP), di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Selasa.

Bupati menambahkan, saat ini generasi penerus bangsa harus menjaga keutuhan Pancasila. Generasi muda jangan sampai terjebak pada masalah-masalah yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. “Pancasila itu lahir dari akar sejarah budaya bangsa yang mengadung nilai-nilai historis dan falsafah luhur yang bersifat universal. Jadi harus diperjuangkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari”, tegasnya.

Upacara diisi dengan pembacaan ikrar tentang kebulatan tekad mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Upacara diikuti oleh pelajar tingkat SMP, SMA dan Pramuka, juga diikuti ratusan peserta lainnya yang terdiri dari PNS, TNI, Polri, Kepala OPD serta unsur DPRD dan Muspida Kabupaten.

Peringatan HKP juga digelar di Halaman Balaikota Bogor Jalan Ir. H. Juanda, Kecamatan Bogor Tengah. Selaku Inspektur upacara Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Inf Hendy Antariksa. membacakan ikrar untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Usia upacara. Lektol Inf Hendy Antariksa mengatakan, sebagai bangsa Indonesia harus mencintai Pancasila sebagai ideologi negara, baru mengamalkannya.

“Khusus kepada generasi muda harus dibekali nilai-nilai luhur Pancasila. Sebagai bangsa Indonesia harus ada rasa cinta tanah air, sehingga bisa mengamalkan Pancasila sebagai ideologi negara,” tegas Dandim. (iwan)

Tesk; Siswa mengikuti Hari Kesaksitan Pancasila di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong (iwan)