Saturday, 23 March 2019

Jet untuk Terbang Sendiri Sudah Dijual. Tertarik?

Selasa, 1 Oktober 2013 — 22:07 WIB
Jetpack-n

SELANDIA BARU – Kendaraan masa depan sebagaimana sering terlihat dalam film-film fiksi, mulai terwujud nyata.  Perusahaan Martin Aircraft Company yang berbasis di Selandia Baru siap menjual jaket jet komersial (Jetpack) untuk siapa pun yang berminat dengan harga US$ 150-200 ribu (setara Rp 1,7 sampai 2,3 Miliar)  per unit.

jetpack

Jetpack yang diproduksi Martin Aircraft ini  bisa terbang selama 30 menit di atas ketinggian 2,4 Km dengan tangki lima galon gas, dan kecepatan hingga 300 Km/jam . Foto: dok. MAC .

Situs The Telegraph melaporkan, Martin telah bermitra dengan perusahaan pesawat internasional – yang tidak disebutkan namanya –  sehingga bisa memproduksi 500 jaket jet per tahun.

Kemitraan ini telah membuat jaket jet mendekati kenyataan dibandingkan dengan tahun lalu, ketika Martin hanya menghasilkan 10 unit  .

Seperti Martin jetpack penemu Glenn Martin menunjukkan dalam video yang sudah tayang di youtube, alat transportasi berkekuatan  200 tenaga kuda, dengan baling-baling ganda, menawarkan terbang di mesin terbang pribadi.

Jetpack dapat melakukan perjalanan selama sekitar 30 menit dengan tangki lima galon bensin premium –  sama dengan yang digunakan mobil.

Pengujian telah menunjukkan bahwa Jetpack dapat mencapai kecepatan tertinggi 60 mph , memberikan kisaran 30 mil per tangki . Model terbaru juga dapat mencapai ketinggian 2.400 meter (2,4 Km dari atas bumi.

Untuk menerbangkan benda ini perlu lisensi dari AOS . Martin mengatakan pembeli akan menjalani pelatihan sebelum mengambil menerbangkannya sendiri ke udara.

Jetpack mampu mengangkat beban sampai dengan 120 Kg –  dilengkapi dengan parasut darurat ketinggian rendah .

Memiliki dua baling-baling yang menghasilkan daya angkat, udara di baling-baling mampu bergerak dengan kecepatan  300 km per jam, setelah dorongan ke atas .

Pilot menggunakan kedua tangan untuk terbang , satu di throttle dan satu untuk kemudi . Jika pilot melepaskan kontrol, jetpack melayang.

Proyek pembuatan transportasi model masa depan ini sudah berusia hampir 30 tahun dalam proses mewujudkan konsep yang digagas tahun 1981, yang kemudian diverifikasi oleh University of Canterbury , Departemen Teknik Mesin AOS  .

Pada tahun 2005 , prototipe kesembilan diraih dipertunjukkan, yang menjadi dasar untuk pengembangan pra-produksi.

Akhir tahun ini , Martin Aircraft berencana untuk memulai produksi jetpack di sebuah lokasi yang dirahasiakan di luar Selandia Baru. Perusahaan ini berencana memasarkan jet ke layanan darurat, militer , dan pengguna pribadi.

Sebagai peningkatan volume, menurut website-nya, dengan produksi massal,  harga Jetpack dapat diturunkan hingga sekelas mobil, bahkan sepeda motor. (dms/d)

  • antoni

    gue nunggu jetpack buatan SMK ajah

  • tocky

    kapan ..niih Indo bisa bikin kaya gini …. gw tunggu yaaah …