Thursday, 15 November 2018

Benda Benda Pusaka Pendiri Indramayu Kirab Keliling Kampung

Kamis, 3 Oktober 2013 — 12:40 WIB
benda prba1

INDRAMAYU (Pos Kota) – Benda benda pusaka peninggalan pendiri Kabupaten Indramayu R. Aria Wiralodra dari daerah Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jateng sepanjang Kamis (3/10) diarak alias dikirab menggunakan kendaraan bak terbuka  menuju wilayah perbatasan Indramayu, Kamis (3/19).

Kirab benda benda pusaka itu dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan hari jadi Kota Indramayu ke-467 yang jatuh pada 7 Oktober 2013.

Diantara benda benda pusaka yang dikirab itu adalah Cakra, senjata utama R. Wiralodra saat berperang menaklukan musuh musuhnya. Selain itu sejumlah tombak, keris dan pedang pun ikut dikirab.

Drs. H. Suwito Handoyo, Mantan Kabag Umum Setda Indramayu yang dihubungi Pos Kota mengemukakan, kirab benda benda pusaka itu bertujuan memberitahukan kepada masyarakat, khususnya generasi muda di berbagai pelosok Kabupaten Indamayu tentang keberadan benda benda pusaka peninggalan nenek moyang.

“Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui maupun memahami adanya  benda benda pusaka peninggalan sejarah itu,” katanya.

Mengenai rute kirab, kata Suwito Handoyo saat sekarang ini berbeda dengan sebelumnya karena alasan  untuk mempersingkat jarak tempuh. “Kirab benda pusaka dimulai tahun 2000 saat DR.H. Irianto MS Syafiuddin menjabat Bupati Indramayu,” katanya.

(taryani/sir)