Tuesday, 12 December 2017

Atut Tidak Bisa Pergi Haji Kalau Cekalnya Belum Dicabut

Sabtu, 5 Oktober 2013 — 13:56 WIB
ratu-atut-1

JAKARTA (Pos Kota) РMenteri Agama Suryadharma Ali membenarkan  Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah masuk daftar calon jemaah haji yang berangkat haji tahun ini.

“Namun, saya tidak tahu apakah bisa berangkat haji, atau tidak karena status Ibu Atut yang sudah dicekal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kata Suryadharma, Sabtu (5/10), di Bandara Soekarno-Hatta, saat akan meninggalkan tanah air karena akan berangkat tanah suci dalam kapasitasnya sebagai amirul hajj (pimpinan rombongan ibadah haji).

Turut hadir mendampingi Suryadharma dalam keterangan itu, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Anggito Abimanyu, Kapuspinmas Zubaedi dan sejumlah pejabat Kemenag lainnya.

Suryadharma menambahkan masa pemberangkatan haji sampai tanggal 9 Oktober 2013, artinya masih ada waktu tiga hari lagi kalau saja dalam waktu tersebut, KPK sudah mencabut pencekalan maka Atut bisa melaksanakan ibadah haji.

Ia mengatakan pencekalan oleh KPK terhadap Atut dengan tidak boleh berpergian ke luar negeri, karenanya itu termasuk pencekalan untuk pergi haji.
Seperti diketahui, KPK telah mencegah Atut berpergian ke luar negeri terkait kasus dugaan suap sengketa Pemilihan Kepala Daerah Lebak, Provinsi Banten di Mahkamah Konstitusi (MK). (johara/yo)