Tuesday, 13 November 2018

Petani Garam Indramayu Panen Besar

Selasa, 8 Oktober 2013 — 22:07 WIB
gaamasin810

INDRAMAYU (Pos Kota) – Meski curah hujan akhir akhir ini sudah mulai turun, namun petani garam di Indramayu saat ini sedang menikmati panen besar.

Narka, 36 petani garam di Kecamatan Kandanghaur dijumpai Pos Kota, Selasa (8/10) mengemukakan, selama musim kemarau ini jumlah produksi garam per hari mencapai 1 ton. Padahal dia bekerja pada lahan penggaraman itu sendirian.

Jika yang bekerja mengeruk kristal – kristal putih pada lahan penggaraman itu sehari dua orang maka hasilnya bisa mencapai 2 ton sehari. Masa kerja petani garam dimulai jam 7 pagi dengan didahului menyiapkan, air, lahan serta peralatan yang digunakan hingga waktu pengerukan dimulai pukul 10 WIB hingga pukul 15:00 sore.

Selama tahun masa produksi garam dalam kondisi cuaca normal hanya berlangsung sekitar 3 – 4 bulan yaitu bulan Juli, Agustus, Setember, Oktober. Khusus tahun 2013 katanya ada pergeseran cuaca. Sehingga garam baru bisa diproduksi minggu ke-3 Agustus sampai sekarang.

Pemantauan Pos Kota, produksi garam di Kabupaten Indramayu dilakukan menggunakan sistem tradisional yang mengandalkan sinar matahari. Jika sinar matahari sedang terik hasil produksi akan membaik. Sedangkan jika sinar matahari kurang maka produksi garam pun berkurang.

Di Indramayu daerah penghasil garam berada di desa desa tepi pantai yang tersebar di wilayah Kecamatan Kandanghaur, Losarang, Krangkeng. Disamping itu wilayah Kecamatan Patrol, Cantigi, Pasekan. (taryani)

Teks : Petani garam di Indramayu