Monday, 22 July 2019

Angkat Besi Siap Dulang Medali Emas di SEA Games Myanmar

Jumat, 11 Oktober 2013 — 9:12 WIB
katbesi1110

JAKARTA (Pos Kota) – Setelah sukses di Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang dan menuntaskan ‘Training Camp’ (TC) di Cina, beberapa waktu lalu, tantangan selanjutnya akan dilakoni atlet angkat besi jelang SEA Games XXVII di Myanmar, Desember mendatang. Prestasi yang luar biasa serta pendanaan yang tersendat-sendat, jadi beban berat bagi tim angkat besi.

Sukses angkat besi meraih enam medali emas, dua perak, dan dua perunggu di ISG, tentu jadi beban tersendiri bagi tim angkat besi. Apalagi mereka menjadi cabang olahraga yang paling banyak mendulang medali untuk Indonesia. Sukses atlet di ISG bahkan mendapat apresiasi dari PT KAI selaku Badan Usaha Milik Negara yang selama ini menjadi sponsor atau ‘orangtua asuh’ bagi PB PABBSI (Persatuan Angkat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia).

PT KAI memberi bonus Rp 10 juta kepada peraih medali emas, sementara perak atlet peraih perunggu mendapat bonus Rp 7,5 juta, dan peraih perunggu Rp 5 juta, Kamis (10/10) kemarin. “Di ISG, kita mendapatkan medali cukup banyak. Secara umum, angkat besi paling banyak menyumbangkan medali untuk Indonesia. Terima kasih kepada para atlet,” kata Direktur Komersialisasi KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito.

Pun, hasil di ISG bukanlah barometer bagi para atlet angkat besi untuk dapat memenuhi target di SEA Games Myanmar, Desember mendatang. Pasalnya, pesaing Indonesia di SEA Games mendatang, yakni Thailand dan Vietnam tidak ikut ambil bagian di ISG beberapa waktu lalu. Tersendatnya pendanaan selama pemusatan latihan nasional (Pelatnas) juga menjadi salah satu masalah klasik tim nasional angkat besi.

Tidak heran jika keberadaan PT KAI sebagai ‘orang tua’ PB PABBSI sangat membantu Eko Yuli Irawan dan kawan-kawan dalam memenuhi berbagai fasilitas dan perlengakapan selama latihan. “Bantuan-bantuan dari PT KAI kami minta ada pendamping, sehingga bisa melihat langsung bahwa bantuan itu sampai ke tujuan. Tidak ada satu sen pun yang masuk ke PB PABBSI,” tegas Ketua Umum PB PABBSI, Adang Daradjatun. (junius)

Teks: Para atlet dan pelatih angkat besi terima penghargaan dari PT. KAI