Thursday, 19 September 2019

Rumah Ikan Dipasang di Perairan Kepulauan Seribu

Senin, 14 Oktober 2013 — 13:33 WIB
rumahikan1410

KEPULAUAN SERIBU (Pos Kota) – Guna memulihkan sumberdaya ikan , Sudin Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu, Kabupaten Kepulauan Seribu, membangun 128 unit rumah ikan yang ditanam di tengah laut. Diharapkan dengan adanya bangunan ini kedepan perkembangbiakan ikan di perairan tersebut semakin meningkat dan daya tangkap nelayan semakin membaik.

Pembangunan rumah ikan ini tentu mendapat sambutan baik dari masyarakat. Bahkan mereka mengaku sangat senang. “Kami nelayan mendukung dan menyambut baik pembangunan ini. Diharapkan pendapatan nelayan lebih baik lagi,” tutur Selamet,52, Nelayan Pulau Tidung.

Diungkapkan oleh Selamet, akhir-akhir ini, produksi ikan di Kepulauan Seribu tidak menentu. Saat musim ikan keberadaannya sampai berlimpah. Namun saat tidak musim, keberadaan ikan inim, sehingga pendapatan nelayan terus turun. “Jangankan untuk kebutuhan wisatawan, untuk kebutuhan lokal saja kita beli ke pulau-pulau lain. Bahkan kita beli ke daratan Tangerang atau Muara Angke di Jakarta Utara,” ujarnya.

Kepala Sudin Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu, Wawan Karmawan mengatakan pembangunan rumah ikan merupakan upaya yang dilakukan dalam memperbaiki dan merehabilitasi ekosistem di perairan Kepulauan Seribu. “Rumah ikan juga dapat sebagai upaya pemeliharaan sumberdaya ikan yang juga diharapkan berdampak ganda terhadap altenatif pendapatan seperti perkembangan tujuan wisata bahari,” katanya.

Pembuatan rumah ikan ini, kata dia, sudah diawali sejak tahun 2002, pertama ada di lima titik, kalau dilihat titik saat ini pembangunannya lebih dari 10 titik yang tersebar di sekitar perairan pemukiman di Kepulauan Seribu. Itu pembuatannya yang dianggarkan melalui APBD dan ada juga bantuan dari sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kepulauan Seribu,” jelasnya. (Wandi)

Teks ; Petugas sedang memasang rumah ikan ditengah laut dengan menggunakan alat berat. (wandi)