Tuesday, 23 October 2018

Aktor Aktris Hollywood Meriahkan Festival Film Tokyo

Kamis, 17 Oktober 2013 — 7:44 WIB
tokyo-film-festival

TOKYO – Sejumlah bintang Hollywood, seperti Tom Hanks, Robert de Niro, dan Francis Ford Coppola terbang ke Jepang untuk meramaikan festival film di Tokyo pekan ini.

chen-kaige-director

Chen Kaige, sutradara China yang menjadi Presiden Dewan Juri Festitival Film Internasional Tokyo Tahun ini.

Panitia Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) menyediakan hadiah senilai US$50.000 bagi film terbaik, sementara untuk kategori film dari Asia dan Timur Tengah, panitia secara khusus menyediakan hadiah US$10.000.

Perhelatan selama sembilan hari ini akan dimulai Kamis (17/10) dengan pemutaran film horor Hong Kong Rigor Mortis yang dijagokan meraih predikat film terbaik dari Asia.

U.S. director Coppola and his wife meet with Japan's Emperor Akihito and Empress Michiko during a reception for the 25th Praemium Imperiale Awards ceremony in Tokyo

Sutradara legendaris Francis Ford Coppola hadir di Jepang untuk menerima penghargaan dan bertemu dengan Kaisar Jepang Akihito dan Ratu Michiko. Coppola terkenal lewat trilogi ‘Godfather’ – Reuters

Film dari berbagai negara diikutkan di festival ini, termasuk dari sutradara kelas berat, seperti ayah dan anak Francis dan Sofia Ford Coppola, lewat film The Bling Ring.

Ketua dewan juri, Chen Kaige,  sineas China,  melalui pesan video mengatakan bahwa film yang bagus memerlukan bakat.

“Tapi kadang saya merasa … ada yang lebih penting dari bakat. Yaitu, sentuhan pribadi dan pemahaman atas dunia,” kata Kaige, yang juga dikenal sebagai sutradara film-film artistik dan banyak memenangkan penghargaan di berbagai festival film internasional,  seperti dikutip kantor berita AFP.

Kaige yang berasal dari China diangkat menjadi ketua dewan juri ketika tengah terjadi masalah dalam hubungan antara China dan Jepang, terkait sengketa wilayah di Laut China Timur.

Baik Jepang maupun China sama-sama mengklaim gugusan pulau, yang di Jepang bernama Senkaku sementara di China dinamakan Diaoyu.

Festival Film Internasional Tokyo digelar sejak 1985.

Pemenang di masa lalu termasuk Babel hasil arahan sutradara Alejandro Gonzales Inarritu, yang juga terpilih sebagai sutradara terbaik di Festival Film Cannes pada 2006.

Tahun lalu gelar film terbaik diraih The Artist, yang disutradarai Michel Hazanavicius dan kemudian menyabet lima penghargaan Piala Oscar 2012. (bbc/d)