Wednesday, 24 April 2019

Bermain Imbang Dengan Osasuna

Rotasi Pemain Barcelona Gagal Total

Minggu, 20 Oktober 2013 — 6:07 WIB
rotasigagal2010

PAMPLONA (Pos Kota) – Misi Barcelona melakukan rotasi pemain, gagal teruji setelah hanya mampu bermain imbang tanpa gol kontra tuan rumah Osasuna dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion El Sadar, Minggu (20/10) dinihari WIB tadi. Hasil itu sekaligus mengakhiri rekor sempurna yang diraih Barcelona dari delapan laga pembuka di pentas La Liga musim ini.

Ironsinya, tambahan satu angka itu justru membuat El Barca jadi penguasa tunggal klasemen sementara La Liga. Dengan total 25 poin, anak-anak asuh Gerardo ‘Tata’ Martino itu kokoh di pucuk klasemen sementara, unggul satu angka dari Atletico di posisi kedua. Sementara Madrid di posisi ketiga dengan total 22 poin yang sukseks menekuk Malaga 2-0. Sedangkan Osasuna masih mandek di papan bawah dengan tujuh angka. Tim polesan Javi Gracia itu hanya unggul satu angka dari dua penghuni zona degradasi, yakni Real Valladolid dan Rayo Vallecano.

Barcelona yang tidak diperkuat lionel Messi sebagai starter, sebenarnya tampil dominan di awal laga lewat penguasaan bola. Namun pasukan Tata tetap sulit membongkar pertahanan rapat Osasuna. Sepakan jarak jauh Andres Iniesta belum membuahkan hasil di menit ke-20. Sundulan Marc Bartra juga masih melambung di atas mistar. Akibatnya, skor imbang tanpa gol tetap bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Neymar memiliki peluang emas di menit ke-57. Namun, pemain asal Brasil itu gagal menjangkau umpan silang mendatar Martin Montoya. Alhasil, bola hanya melintas di depan gawang Andres Fernandez. Sepakan Francesc Fabregas di menit ke-60 masih terlalu lemah bagi Fernandez. Dua menit berselang, Fabregas kembali memiliki peluang usai menerima umpan Xavi Hernandez. Sayangnya, sepakan Fabregas melayang jauh di atas gawang.

Masuknya Messi sebagai pengganti Xavi Hernandez di menit ke-68, kemudian sempat memberikan anging segar bagi tim tamu. Sayang, El Barca tetap gagal membobol gawang Osasuna hingga peluit panjang dibunyikan wasit Pedro Perez. Barcelona pun akhirnya gagal melanjutkan rekor delapan kemenangan beruntun. Bahkan Barcelona gagal menjebol gawang lawan dalam sebuah laga untuk pertama kalinya dalam 64 pertandingan terakhir mereka di berbagai kompetisi.

Rotasi ini memang harus dilakukan Tata Martino untuk menghindari pemain lelah saat menghadapi partai penting. Pasalnya Minggu ini Barca akan menghadapi AC Milan dalam lanjutan Liga Champions dan Sabtu 26 Oktober nanti akan menjamu musuh abadinya Real Madrid di Camp Nou dalam laga bertajuk El Clasico.

Valencia Terlempar Dari Zona Eropa

Pada laga lainnya di saat yang sama, Valencia harus terlempar dari persaingan di zona Eropa setelah takluk 1-2 dari tamunya Real Sociedad di Stadion Mestalla. Sociedad bahkan unggul lebih dulu lewat gol Antoine Griezmann (41′) dan Ruben Pardo (58′), sebelum Valencia bisa memperkecil kekalahan berkat Dorlan Pabon di masa injury time. Hasilnya, Valencia lengser di tangga ketujuh dengan 13 poin, atau unggul tiga angka di atas Sociedad. (junius)

Tata Martino pelatih Barcelona