Monday, 11 December 2017

Rayakan Hari Pangan se-Dunia Dengan Lomba Panen Sayuran

Rabu, 23 Oktober 2013 — 21:23 WIB
lobak2310

DEPOK (Pos Kota)- Memperingati Hari Makanan se -Dunia (World Food Day), Sekolah AMEC di Jalan H. Nawi Malik, Serua, Sawangan Kota Depok, Rabu (23/10) pagi, merayakannya dengan mengisi kegiatan lomba dan panen kebun makanan organik.

Sebagai ketua penyelenggara sekaligus Direktur Sekolah AMEC,DRS. H. Ma’mun IR M.Si, mengajak anak-anak menghindari makanan olahan cepat saji atau (junk food). “Sejak usia dini, kita ajarkan ke anak-anak demi kesehatan badan untuk menghindari makanan jenis junk food. Tapi lebih diarahkan ke makanan yang organik untuk lebih sehat,”ujarnya di tengah acara Panen Kebun, Lomba Masak Organik dan Berbagi bibit.

Dalam acara lomba masak organik, 300 anak TK terlebih dahuli diawali dengan kegiatan manasik haji. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan melakukan panen sayuran di kebun organic AMEC seperti kangkung, bayam, lobak, dan caisin.

“Dalam lomba masak organik, peserta yang banyak diikuti oleh ibu rumah tangga dianjurkan menggunakan bahan masakan dari hasil panen kebun,”tuturnya.

Kegiatan panen kebun organic AMEC, lanjut Direktur Sekolah, sudah diadakan empat kali di sekolahanya.
“Untuk panen dilakukan saat UTS dan akhir UAS. Proses menanam, perawatan sampai panen dilakukan oleh peserta didik tergabung dalam agribisnis club kegiatan ekstrakulikuler di SDIT AMEC dan SMPIT AMEC selain itu untuk mendukung nominasi SDIT AMEC sebagai Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) tingkat provinsi Jabar 2014 dan SMK AMEC dilatih tanaman obat herbal,”ungkapnya.

“Kita mengajarkan anak-anak sejak dini untuk ulet . Dan menumbuhkan rasa kesabaran, tekun dan inovatif menemukan teknologi dalam perawatan tanaman,”demikian.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok, Abdul Haris mengatakan acara seperti ini sangat baik dan bagus untuk kepentingan kesehatan anak. “Selama ini anak-anak suka dengan makanan cepat saji (junk food), untuk menghilangan kebiasaan tersebut dibutuhkan makanan yang sehat organik untuk pertumbuhan anak sehat dan pintar,”demikian. (Angga)

Teks : Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Depok, Abdul Haris (kiri) beserta Direktur Sekolah AMEC DRS. H. Ma’mun IR M.Si melakukan panen kebun sekolah bersama anak-anak didiknya. (Angga)