Saturday, 25 November 2017

Peternakan Sapi Dikeluhkan Warga

Kamis, 24 Oktober 2013 — 16:20 WIB
sapo

BOGOR (Pos Kota) – Keberadaan peternakan sapi di Kampung Cikupa RT.002/05, Desa Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng dikeluhkan warga. Selain menimbulkan bau aroma atak sedap, disinyalir peternakan seluas 7.000 meter ini tak mengantongi izin sehingga warga mengadukan ke Satpol PP Kabupaten Bogor.

Namun Satpol PP yang datang ke lokasi peternakan gagal bertemu dengan pemiliknya Bambang Sutoto. “Kita sudah mengecek apakah benar pengaduan itu, namun tak bertemu dengan pemiliknya. Saya limpahkan masalah ini ke Kasi Satpol Kecamatan Ciseeng mengklarifikasi pengaduan masyarakat itu kepada pemiliknya, ” ujar Kepala Satpol PP Kabuapten Bogor Dace Supriyadi, Kamis.

Menurutnya, jika kelak diketahui segala perizinan peternakan itu bodong atau tidak ada, pihaknya akan memberikan teguran. “Intinya kalau teguran itu tak ditanggapi sampai tiga kali, pasti kita bongkar,” tegasnya

Sejumlah warga mengaku, sebelumnya pemilik berjanji akan menswadayakan warga memelihara sapi. Tawaran ini disambut warga. Namun belakangan mereka baru tahu tawaran itu untuk menutupi peternakan ini belum mengantongi izin. Bahkan belakangan aroma bau tak sedap menggangu kenyamanan warga.

“Sebelumnya, kami diberi sapi untuk dipelihara, tapi setelah berusia dua tahuan diserahkan ke peternakan dan kami diberi imbalan, tapi di tengah perjalanan sapi itu ditarik kembali dengan alasan agar lebih terjamin dipelihara peternakan,” kata Ketua RT1/ 5, Rido.

Selain itu pemilik tidak pernah memberikan bagi hasil kepada kelompok peternak setempat. “Sebelumnya anggota kelompok tani, mendapat hasil dari peternakan itu, berupa daging dan uang. Tapi sekarang, pemilik membubarkan kelompok tani itu,” timpal Sartini, Ketua RT 2/5.

Kades Cibeuteung Udik, Mamad Indra Gunawan mengatajkan, sebelumnya pihaknya sudah menfasilitasi antara pemilik dengan warga termasuk segera memproses segala perizinannya. “Saat itu pemilik berjanji segera memproses perizinan sekaligus memberdayakan warg asetempat, namun di tengah jalan janji itu ditarik sehingga warga protes,” katanya.

Sedangkan Bambang Sutoto dihubungi wartawan lewat handphone-nya mengaku berada di luar kota. “Saya di luar kota, tapi, semua berkas izin pasti akan saya serahkan kepada Satpol PP,” ucapnya. (iwan)

sapoTesk: Peternakan sapi saat di datangani Satpol PP Kabupaten Bogor. (iwan)