Sunday, 18 November 2018

Hadapi Saint Gallen di Liga Eropa

Valencia Berharap Bangkit Dari Keterpurukan

Kamis, 24 Oktober 2013 — 12:09 WIB
Gary Mendel of Chile heads a ball next to Enner Valencia of Ecuador during their 2014 World Cup qualifying soccer match in Santiago

Valencia v Saint Gallen
Siaran Langsung SCTV
Jumat (25/10), 02:05 WIB
Stadion Mestalla

VALENCIA (Pos Kota) – Pasca gagal memetik kemenangan pada dua laga terakhir di La Liga Spanyol, ‘Kelelawar Mestalla’ Valencia berharap bisa mengakhiri keterpurukan saat menjamu wakil Swiss, Saint Gallen dalam lanjutan fase Grup A, Jumat (25/10) dinihari WIB nanti. Kemenangan tidak hanya untuk membuka peluang ke babak selanjutnya, tapi juga mengembalikan moril para pemain jelang laga berat menghadapi Villarreal, akhir pekan mendatang.

Adalah tugas yang berat bagi pelatih Valencia, Miroslav Djukic dalam mendongkrak moril pemainnya setelah menuai hasil buruk dalam dua laga terakhir secara beruntun di pentas La Liga. Pasca bermain imbang 1-1 kontra Athletic Bilbao, Valencia harus menanggung malu di sepan publik sendiri setelah menyerah 1-2 dari Real Sociedad, akhir pekan kemarin. Akibatnya, masih belum mampu menembus zona Eropa dalam klasemen sementara La Liga.

Kelelawar Mestalla masih terdampar di papan tengah dengan koleksi 13 poin, atau terpaut tiga angka dari batas akhir zona Eropa, hunian Bilbao. Kali ini, Djukic berharap hasil buruk yang dipetik anak-anak asuhnya tidak menular di panggung Eropa kala menjamu St. Gallen dinihari nanti. Motivasi mengamankan poin penuh di depan publik sendiri semakin berlipat setelah mereka menempati urutan ketiga Gru A dengan tiga angka.

Valencia terpaut tiga angka dari pimpinan grup, Swansea City yang akan meladeni wakil Rusia, Kuban Krasnodar pada hari yang sama. “Kami harus bangkit. Kami tak bisa memprioritaskan satu kompetisi pada musim ini. Liga Europa sama pentingnya dengan La Liga. Kami akan menghadpi tim tangguh, meski saat ini Saat Swansea menjadi favorit. Namun, kami akan mengembalikan poin yang hilang saat menghadapi Gallen,” tandas Djukic seperti dikutip AS.

Pun, Djukic tetap harus ingat bahwa ini adalah pertemuan pertama Valencia dengan Gallen di kompetisi UEFA. Artinya, bukan tidak mungkin Gallen bisa membuat kejutan setelah mereka lebih mengenal permainan Valencia di panggung Eropa. Untungnya, kelelawar Mestalla punya modal bagus setiap kali bertemu wakil Swiss di panggung Eropa. Dari lima pertemuan terakhir dengan wakil Swiss, Valencia mencatat dua kali menang, dua kali imbang, dan belum pernah kalah.

Misi untuk bangkit juga bakal diusung pelatih Gallen, Jeff Saibene. “Ini adalah pertemuan pertama kami dengan Valencia. Kami suka melihat mereka bermain saat berlaga di kompetisi Eropa. Itu akan menjadi keuntungan buat kami untuk bisa meraih hasil positif setelah menelan hasil mengecewakan di liga,” beber Saibene merujuk pada kekalahan yang ditelan timnya kala menyerah 0-3 dari Basel di Liga Super Swiss, akhir pekan kemarin. (junius)

Berikut jadwal Pertandingan Liga Eropa UEFA, Jumat (25/10) dinihari WIB:
Grup A
Swansea City v Kuban Krasnodar
2Valencia v St.Gallen

Grup B
Chornomorets v Ludogorets Razgrad
Dinamo Zagreb v PSV Eindhoven

Grp. C
Elfsborg v Esbjerg fB
Salzburg v Standard Liege

Grup D
Wigan Athletic v Rubin Kazan
Zulte-Waregem v Maribor

Grup E
P.Ferreira v Dnipro
Fiorentina v Pandurii
Grup F
Bordeaux v APOEL Nicosia
Eintracht Frankfurt v Maccabi Tel Aviv

Grup G
Genk v Rapid Wien
Dynamo Kyiv v Thun

Grup H
Liberec v Sevilla
Freiburg v Estoril

Grup I
Olympique Lyon v Rijeka
Real Betis v Vitoria de Guimaraes

Grup J
Trabzonspor v Legia Warszawa
Apollon Limassol v Lazio

Grup K
Anzhi Makhachkala v Tromsø
FC Sheriff v Tottenham Hotspur

Grup L
Shakhter Karagandy v AZ Alkmaar
PAOK Thessaloniki FC v Maccabi Haifa