Monday, 16 September 2019

Pemenang Konvensi Demokrat, Belum Tentu Jadi Capres

Sabtu, 26 Oktober 2013 — 16:51 WIB
konvensi-demokrat

BOGOR (Pos Kota) – Sekitar 10 ribu kader Partai Demokrat menghadiri Temu Kader PD di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/10). Presiden SBY yang juga Ketua Umum PD, hadir dalam acara ini.

Gita Wiryawan, peserta konvensi calon presiden PD juga hadir.Gita hadir dengan memakai seragam PD.
Pada acara temu kader ini mengemuka, jika pemenang Konvensi Capres PD, belum tentu menjadi calon yang diusung di Pilpres 2014.

Hal ini karena PD belum tentu suara PD memenuhi ambang batas sebagai sarat untuk mencalonkan kader sendiri sebagai presiden. Solusi dari masalah kekurangan suara, PD akan melakukan koalisi dengan partai lain.

“Kalau memenuhi syarat, kami maju sendiri. Kalau kurang, koalisi pasti kami lakukan. Kalau koalisi, figur pemenang capres PD belum tentu jadi calon presiden. Kami harus lihat kekuatan suara nanti,”kata Juru bicara Dewan Pembina PD Dede Yusuf Macan Efendi.

Meski akan tetap mengusung peserta konvensi sebagai capres, Dede mengatakan semua kemungkinan bisa terjadi.
“Jika memang dicapai kesepakatan antara PD, peserta konvensi dan partai koalisi, maka bisa saja peserta konvensi dijadikan cawapres. Semua kemungkinan masih terbuka,” papar mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini.

Selain Gita yang hadir dengan memakai seragam Demokrat, tampak juga delapan peserta Konvensi Capres Demokrat.Berbeda dengan Gita, Irman Gusman, Endriartono Sutarto, dan Anies Baswedan memakai batik. Sedangkan Dahlan Iskan memakai kemeja bertuliskan namanya dan atribut ‘calon presiden’.

Gita yang ditanya apakah sudah resmi menjadi kader Demokrat hanya berujar singkat, “Belum, belum resmi. Disuruh pakai jaket ini aja. Karena acara Demokrat, saya menghormati kader,”kata Gita sambil menolak siapa yang memintanya memakai baju tersebut. (yopi)