Tuesday, 20 August 2019

Masih Rendah, Geram Kepada Pimpinan SKPD

Jokowi Targetkan Penyerapan Anggaran Tahun Ini 97 Persen

Rabu, 30 Oktober 2013 — 8:31 WIB
jokowi-diwawancara

JAKARTA (Pos Kota) – Rendahnya penyerapan anggaran membuat Gubernur Jokowi geram. Ia pun menyemprot pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Terhitung per 29 Oktober 2013, penyerapan anggaran hanya mencapai 42,42 persen dari total APBD. “Penyerapan ini lebih rendah dibandingkan dengan penyerapan tahun sebelumnya yang mencapai 59,18 persen atau tertinggal sekitar 13,76 persen,” tegas Jokowi saat memberikan arahan kepada seluruh SKPD di Balaikota, Selasa (29/10).

Jokowi memerintahkan seluruh pimpinan SKPD terus mendongkrak penyerapan anggaran masing-masing. “Gunakan waktu 1,5 bulan ini dengan maksimal, sehingga bisa mencapai target 97 persen,” ucapnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Endang Widjajanti mengatakan ada 10 SKPD yang anggarannya besar. Tetapi dari jumlah itu sudah ada yang penyerapannya bagus diantaranya Dinas Kebersihan sudah mencapai 60 persen lebih.

“Kami masih optimis penyerapan bisa di atas 90 persen. Pergerakan penyerapannya masih dinamis,” tegasnya. (guruh/st)

  • Mangap

    Jangan lupa diawasi pak. jangan nanti asal habis uangnya. tapi hasilnya kurang maximal. Untuk dinas kebersihan bisa beli mobil sampah pak, mobil sampahnya banyak yang bobrok