Sunday, 27 May 2018

Rumah Terbakar di Kampung Bali Tanah Abang

Kamis, 31 Oktober 2013 — 6:30 WIB
pungbal3110

JAKARTA (Pos Kota) – Satu rumah di Jl. Tanah Rendah RT 12/05 No. 14, Kel. Kampung Bali, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat, terbakar, Kamis (31/10) dinihari. Meski tidak ada korban jiwa maupun luka peristiwa ini sempat membuat panik warga sekitar.

Murad, Ketua RT 11, mengungkapkan, kebakaran ini terjadi sekitar Pk. 03:00 dan diketahui pertama kali oleh Aldi, remaja setempat. “Aldi berteriak ada kebakaran di rumah Pak Verdian. Dia juga berlari ke rumah saya untuk meminta bantuan,” katanya kepada Pos Kota di lokasi kejadian, Kamis (13/10) sekitar Pk. 3:45.

Laporan Aldi itu langsung ia lanjutkan melalui pengeras suara di Masjid Al-Barokah yang hanya berjarak sepelemparan batu dari lokasi kebakaran. Setelahnya, sontak warga sekitar berdatangan dan bergerak cepat membantu pemadaman dengan alat seadanya.

“Warga langsung berestafet menggilir air pake ember dari rumah-rumah sekitar untuk menyiram api. Tapi api baru benar-benar bisa dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran datang membantu memadamkan,” bebernya.

Paino, perwira piket Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, memaparkan, untuk membantu pemadaman pihaknya mengerahkan 18 unit mobil pemadam . Ia mengaku bersyukur karena warga telah bergerak cepat membantu pemadaman sehingga api tidak merembet ke rumah lain di sekitarnya.

“Yang terbakar rumah tinggal, satu rumah dihuni 2 keluarga. Alhamdulillah aman, enggak ada korban dan tidak menjalar. Berkat bantuan warga kebakaran berhasil diatasi dengan cepat,” ujarnya.

Meski demikian, dirinya menaksir kerugian yang ditimbulkan dari terbakarnya rumah dua lantai seluas kurang lebih 200 meter persegi itu sekitar Rp400 juta. “Kerusakan paling parah terjadi di lantai dua. Hampir seluruh atap dan dinding yang sebagian besar bermaterial kayu hangus terbakar,” paparnya.

Sementara, mengenai penyebab kebakaran, pihaknya masih belum dapat memastikan. “Biasanya nanti dibantu polisi untuk pengecekannya. Namun dugaan sementara kebakaran ini akibat korlseting listrik di lantai 2,” tambahnya. (yulian)

Teks: Petugas bersama warga memadamkan api di rumah yang terbakar di Jl. Tanah Rendah RT 12/05 No. 14, Kel. Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (31/10) dini hari. (yulian)