Tuesday, 25 September 2018

BNP2TKI Juara Satu Soal Pelaporan Barang Milik Negara

Sabtu, 2 November 2013 — 15:43 WIB
juaarasatu211

JAKARTA (Pos Kota) – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) meraih prestasi sebagai juara pertama dalam ketegori kepatuhan pelaporan barang milik negara, yang diberikan oleh Kementerian Keuangan.

Menteri Keuangan, Muhamad Chatib Basri menyerahkan langsung penghargaan tersebut dalam acara “Refleksi Apresiasi Pengelolaan Barang Milik Negara pada Kementerian/Lembaga Tahun 2012” di Jakarta.

Selain BNP2TKI, kementerian dan lembaga nonkementerian yang memperoleh penghargaan serupa di antaranya Badan Intelijen Negara, Komisi Pemberantasan Korupsi, Kementerian Koordinator Polhukam, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Kementerian Perdagangan, termasuk Badan Narkotika Nasional.

Pemberian penghargaan kali ini merupakan yang kedua setelah dilaksanakan tahun lalu. Upaya itu dimaksudkan guna mendorong adanya tertib administrasi, tertib fisik (barang), serta tertib hukum dalam hal pengelolaan barang negara dari berbagai kementerian dan lembaga nonkementerian di Indonesia.

Kementerian Keuangan juga menyampaikan penghargaan dalam kategori lain, yaitu capaian pelaksanaan sertifikasi barang milik negara kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat, Kementerian Riset dan Teknologi, Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.

Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat, mengaku bersyukur atas pencapaian juara satu oleh lembaga yang dipimpinnya, sekaligus mengharapkan agar hal itu menjadi pemicu peningkatan kinerja di lingkungan BNP2TKI.

“BNP2TKI telah dinyatakan sebagai juara satu untuk kategori kepatuhan melaporkan barang negara, ini jelas sebuah apresiasi yang luar biasa sehingga kami pun akan terus menjaga prestasi ini dengan lebih patuh lagi,” jelas Jumhur.

Menurutnya, BNP2TKI kerap melaporkan penggunaan barang negara kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan dalam periode per semester maupun tahunan secara tepat waktu. Di samping tepat waktu, BNP2TKI pun mendasarkan pada azas tepat jumlah untuk pelaporannya.(Tri)

Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat