Friday, 16 November 2018

Ke Rumah Ada Masalah Ke Wil Malah Digerebek

Sabtu, 2 November 2013 — 9:40 WIB
NID-3Nov

Apek banget nasib Kosim, 40, sebagai suami. Pulang dari Jambi hendak ke rumah istri, eh….sedang pisah rumah karena ada masalah. Sedangkan mampir ke rumah WIL di lain desa, malah digerebek warga karena dituduh selingkuh. Ya sudah, pasang badan saja bahwa memang sudah ada persiapan mau menikah dengan pemilik rumah.

Nasib buruk seseorang sebetulnya karena ulahnya sendiri. Sudah punya istri dan anak, kenapa seorang lelaki matanya masih jelalatan mencermati gadis-gadis cantik? Tentu saja istri jadi cemburu, dan kemudian malah mengusir suami dari rumah, dalam rangka pisah ranjang menjelang perceraian. Apa nggak ngenes jadi suami yang bernasib seperti ini?

Ngenes nggak ngenes, begitulah kelakuan Kosim, warga warga Tebat Ijuk Kecamatan Depati Tujuh Kabupaten Kecinci, Jambi. Pulang dari Jambi kemaleman, tapi tak berani pulang ke rumah sendiri, karena istri sudah menyatakan perang dan siap bercerai. Giliran ke rumah WIL di lain desa, gara-gara datangnye sudah larut malam, malah digerebek dikira mau berbuat mesum.

Kosim memang termasuk lelaki yang punya penyakit kronis di matanya. Bukan trachom atau katarak, tapi mata keranjang. Meski di rumah sudah ada istri yang cukup cantik, bila ketemu cewek cakep ala Syahrini, syahwatnya langsung menaik. Matanya melotooot….. tak berkedip, mengagumi sicewek depan matanya yang sungguh gersang alias seger merangsang itu.

Jika sekedar melototi saja, itu masih mending. Kosim pasti berusaha untuk mendekati, mengajak bergaul si cantik dengan target untuk menggauli. Lama-lama kelakuannya ini ketahuan istrinya. Sudah diingatkan tak kunjung kapok, akhirnya ibunya anak-anak ini mengambil tindakan tegas, pisah ranjang dan rumah dalam rangka bercerai.

Belakangan Kosim memang tengah menjalin hubungan dengan janda muda Dahlia, 32, warga Desa Baru Sungai Abu, Kecamatan Air Hangat Timur. Ya perempuan ini yang bikin dia terusir dari rumah sendiri. Mungkin karena merasa bersalah, diusir dia diam saja. Padahal mestinya kan bisa meniru pengusaha Adhiguna, sehingga dia bisa bilang, ”Ini rumah rumah saya sendiri, mau saya bakar mau saya rusak itu hak saya. Kenapa kamu malah mengusir saya…..?”

Tapi begitulah yang terjadi, Kosim harus hengkang dari rumah sendiri. Dalam kondisi pusing memikirkan keluarga, dia ada tugas ke Jambi. Tambah sial lagi, saat pulang kemalaman sehingga nyarter mobil. Tapi gara-gara ribut dengan bini, Kosim tak berani pulang ke rumah, melainkan ke rumah WIL-nya, padahal waktu sudah menunjuk pukul 01.00 lebih.

Warga tetangga Dahlia melihat ada mobil datang tengah malam pada keluar dan mengintip, begitu tahu yang datang adalah lelaki yang sering datang ke rumah tersebut, pikiran kotor pun muncul. Nah ini dia, pasti lelaki itu mau mengajak mesum gendakannya. Warga pun kompak dan segera menggerebeknya. Meski Kosim beralasan kehadirannya murni mau pinjam duit untuk bayar ongkos mobil carteran, warga tak percaya dan siap mengarak dan menelanjanginya.

Wah ini terbalik-balik. Biasanya kan telanjang dulu baru selingkuh, kok ini malah dipaksa telanjang sebelum selingkuh. Akhirnya Kosim mengaku saja bahwa Dahlia memang WIL-nya dan siap dinikahi beberapa bulan mendatang. Berkat pengakuan jujur tersebut, Kosim hanya diserahkan pada tetua adat, tanpa dibawa ke polisi.

Bawa ke Hansip malah nikah malam itu juga. (TN/Gunarso TS)