Thursday, 23 November 2017

Mantan Pebulutangkis Taufik Hidayat Terjun ke Ormas

Sabtu, 2 November 2013 — 8:22 WIB
barindo211

JAKARTA (Pos Kota) – Pasca gantung raket bulan Juni lalu, mantan pemain bulu tangkis andalan putra Indonesia, Taufik Hidayat rupanya tidak pernah berhenti mengabdi untuk Merah-Putih. Hal itu dibuktikan mantan atlet peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 tersebut dengan bergabung ke organisasi kemasyarakatan atau ormas Barisan Indonesia (Barindo).

“Bagi saya, pengabdian itu sama di mana saja asal mempunyai sikap tulus. Saya sudah banyak mengabdi di bulu tangkis dan sekarang saya sudah pensiun. Tapi, bukannya berarti saya akan berhenti memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara. Saya juga berharap bahwa lewat Barindo, saya bisa lebih memasyarakatkan olahraga bulutangkis dan olahraga-olahraga lainnya,” aku Taufik kepada Pos Kota, kemarin.

Lebih lanjut Taufik juga punya alasan untuk bergabung dengan Barindo. “Selama ini saya mengabdi secara individu sebagai atlet dan olahraga bulu tangkis. Dan pengabdian individu itu telah selesai. Sekarang saya ingin menjajal pengalaman yang baru dengan langsung terjun ke masyarakat lewat Barindo. Saya memberikan sumbangan dan mendekatkan diri dengan semua elemen masyarakat secara bersama,” jelasnya.

Bersama Barindo, Taufik yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Pengukuhan Kepengurusan Barindo Periode 2013-2018 pada 9-10 November mendatang, mengaku kerap merasa aneh saat memakai seragam Barindo. “Selama ini saya mungkin kerap menggenakan celena pendek dengan keringat bercucuran. Tapi, sekarang saya berdiri di hadapan media dengan seragam Barindo dengan celana bahan,” lanjutnya.

BANYAK BELAJAR
Taufik sendiri mengaku baru bergabung dengan Barindo Agustus-September lalu. “Setelah Pak Gita Wirjawan terpilih sebagai Ketua Barindo, saya ditawari untuk masuk ke dalam kepengurusan, Namun saat itu saya tidak langsung mengiyakan karena saya masih harus minta izin dulu dengan keluarga. Apalagi Pak Gita selama ini sudah saya kenal sebagai Ketua Umum PP PBSI,” ujar Taufik yang terakhir kali tampil mengayun raket di Indonesia Terbuka, bulan Juni lalu.

Meski terbilang baru di dunia keorganisasian kemasyarakatan, Taufik yakin jika lakon barunya tersebut menjadi alat untuk menyalurkan aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat. “Saya ingin banyak belajar di sini dan saya tidak ingin dikenal masyarakat hanya karena nama besar di dunia bulutangkis serta modal tampang saja,” tuntas suami Ami Gumelar tersebut. (junius/si)

Taufik Hidayat