Tuesday, 18 September 2018

120 Caleg Perempuan Ikuti Pendidikan Politik

Senin, 4 November 2013 — 12:17 WIB
Linda-Amalia-Sari-Gumelar

BANDUNG (Pos Kota) – Sebanyak 120 caleg perempuan se Jawa Barat mengikuti pendidikan politik, yang digelar di Hotel Grand Panghegar Bandung, Senin. “ Kami berharap kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh perempuan dalam mendalami dunia politik,“ ujar Manteri Pemberdayaan Perempuan Linda Amalia Sari Gumelar usai membuka Forum Pendidikan Poltik Calon Legislatif Perempuan.

Dijelaskanya, hasil Pemilu 2009 lalu, Provinsi Jabar masuk kategori kluster satu yang memiliki 25 persen kursi DPRD. Dari 26 kabupaten dan kota di Jabar Depok dalam pemilu 2009 merupakan kota luar biasa karena memiliki 17 kursi dari 50 kursi DPRD. “ Yang memperihatinkan Kota Cirebon dan Tasikmaya yang hanya memiliki keterwakilan perempuan hanya 1 sampai dua kursi DPRD. Ini tergolong kritis,“ tandasnya.

Caleg perempuan, lanjutnya, harus berani tampil sebagai manusia paripurna, dan senantiasa mengembang nilai keadilan. Selain itu, caleg pun harus menjauhkan diri dari praktik praktik demokrasi transaksional yang semakin memperparah degradasi moral poltik.

“Caleg perempuan harus berani menebar senyum dan keramahan poltik untuk menyapa konstituen baik di pedesaan maupun di perkotaan,“ paparnya.

Olehkarenya, Menteri Linda optimis, dengan peningkatan jumlah 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen pusat dan daerah Pemilu 2014, tentunya bisa menjadi penyangga utama dalam berbagai permasalahan perempuan, pungkasnya. (Dono)

  • Enmi

    Ayooo perempuan indonesia …. Berjuang terus jangan sampai kalah suara dengan caleg laki2

  • Enmi

    Say no for transaksional …. Hidup caleg perempuan

  • Enmi

    Kapan ya , pelatihan caleg perempuan sampai jogja …. Tolong dong bu menteri…..