Tuesday, 18 September 2018

Meriah, Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam di Karawang

Selasa, 5 November 2013 — 18:33 WIB
Pawai Muharam 1436 di Karawang

KARAWANG (Pos Kota) – Ribuan anak yatim, remaja, santri pondok pesantren,  orangtua mengikuti arak – arakan pawai obor menyambut Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1435, Senin (4/11) malam sejak  pukul 19.30 WIB.

Pawai obar di Kota Karawang mulai dari Kantor Kelurahan Karawang Wetan, kemudian berjalan kaki ke Jln. Tuparev, lalu sebelum pintu kereta iring-ringan belok kiri menuju Jln. Otista dan kembali ke Jln. Tuparev melintasi Gang Rapia. Peserta pawai yang menggunakan busana muslim ini berakhir di kantor kelurahan tersebut.

Selain warga Kelurahan Karawang Wetan, di beberapa tempat lain sejumlah anak-anak dan remaja menyemarakan malam tahun baru hijriyah dengan iring-ringan pawai obor tersebut juga diselengarakan warga Desa Duren Kecamatan Klari dan warga Desa Ciptamargi Kecamatan Jayakerta, Desa Sarimulya Kecamatan Kota Baru  serta beberapa warga desa lainnya di Karawang.

Mereka dalam berpawai, tak  hanya berjalan kaki, iring-iringan pun ada yang dilakukan dengan mobil bak terbuka, mereka berkeliling Karawang kota sambil menabuh bedug, takbir dan bershalawat, di terangi cahaya lampu obor yang mereka bawa.

Sekedar diketahui, peringatn 1 Muharam, dinilai cukup penting agar dimaknai seluruh umat muslim sebagai momen sakral, selain hanya memaknai tahun baru Islam. Kendati, umat muslim diarahkan memaknai momen Muharaman dijadikan cermin intropeksi dan juga koreksi diri sendiri.

“Ini salah satu kegiatan baik, agar kita bisa mengingat kehadiran mereka (anak yatim). Merayakan lebaran anak yatim, sama artinya kita mampu mensyukuri keberadaan mereka sebagai titipan ilahi,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan, pawai ini bukan hanya bermanfaat sebatas merayakan hari raya anak yatim. Tapi, berbagai kegiatan di hari 10 muharaman, lebih mengingatkan keberadaan anak yatim di tengah Masyarakat,” ungkap Ketua DKM Masjid Nurul Amal, H Ma’Mun HS.SE. (nourkinan/d)