Tuesday, 18 September 2018

3 Ribu Pengantin Baru di Indramayu Belum Terima Buku Nikah

Minggu, 10 November 2013 — 11:48 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

INDRAMAYU (Pos Kota) – Kelangkaan buku nikah yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia, juga menimpa Kabupaten Indramayu sejak bulan September 2013.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu menyebutkan sekitar 3.000 pasangan pengantin baru yang sudah melaksanakan akd nikah di depan penghulu sejak September 2013 hingga hingga saat ini belum memiliki buku nikah akibat kelangkaan Buku Nikah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu melalui Kasie Bimas H. Rakhmat Jaya dihubungi Pos Kota menjelaskan, stok Buku Nikah di semua Kantor Urusan Agama di Indramayu sudah habis dan belum ada kiriman lagi Buku Nikah dari Kanwil kementerian Agama provinsi Jabar.

Karena Buku Nikah itu belum diterima, maka   pihaknya terpaksa hanya memberikan surat keterangan sementara kepada pasangan  suami-istri yang baru saja melangsungkan  akad nikah di depan penghulu.

Surat tersebut nantinya akan diganti dengan Buku Nikah, apabila memang sudah ada kiriman Buku Nikah dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat.

Rakhmat berharap, agar kelangkaan buku nikah ini tidak terus berlarut-larut. Banyak pasangan suami-istri yang belum menerima buku nikah dan merasa kurang mantap ketika usai akad  pernikahan, ternyata mereka tidak langsung mendapatkan buku nikah.

“Kamipun sudah mengirimkan surat edaran yang isinya pemberitahuan tentang masih belum adanya buku nikah. Melalui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat yang mau menikah bisa paham dan tidak kaget ketika belum bisa mendapatkan buku nikah.

(taryani/sir)