Monday, 19 November 2018

Tabur Bunga dan Upacara Hari Pahlawan di atas Kapal Perang

Minggu, 10 November 2013 — 15:55 WIB
kapal-sub

TANJUNG PRIOK ( Pos Kota) – Perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan Indonesia patut menjadi idola generasi muda. Sebab, di tangan generasi muda bangsa inilah akan dilanjutkan kepemimpinan di masa mendatang.

Untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang menggelar tabur bunga dan mengheningkan cipta di pimpin inspektur upacara, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman di atas Kapal KRI Makassar 590 di Teluk Jakarta, Minggu (10/11).

“Tabur bunga di laut untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur, diantaranya Komodor Yos Sudarso dan pertempuran Trikora, “ kata Irman Gusman didampingi, Mentri Sosial, SalimSegaf Al Jufri di atas KRI Makassar.

Sebagai generasi penerus bangsa yang hidup di alam kemerdekaan, sambung Salim Segaf jangan lah sekali-kali meragukan bahkan melupakan semangat patriotism, keikhlasan dan pengorbanan para pahlawan tersebut. ‘Melalui peringatan ini, kita semua menghormati dan menghargai, atas jasa serta pengorbanan para pahlawan samudra, dan dapat terus di pelihara,” ujar Salim Segaf.

“Hendaknya hari Pahlawan ini menjadi inspirasi bagi kita untuk bahu-membahu membangun di segala bidang, bagi cita-cita Negara. Berbagai masalah kita hadapi, kemiskinan, pengangguran, bencana, tawuran, teroris, dan yang menimbulkan korban jiwa sangat memperihatinkan dan membutuhkan keseriusan bersama,” tambahnya.

Dalam upacara tersebut, berbagai unsur elemen dari TNI, Polri, Damkar, dan unsur pejabat di Pelabuhan Tanjung Priok, dan para pelajar turut dilibatkan. Sirene kapal turut dibunyikan pada saat mengheningkan cipta mengenang pahlawan. Setelahnya, Inspektur upacara membacakan teks Pancasila.

Mengheningkan cipta itu serentak dilakukan di seluruh Indonesia dengan menghentikan segala aktifitas, termasuk yang sedang berkendaraan mau pun pejalan kaki selama satu ment.

(ilham/sir)

Teks Gbr-Upacara memperingati Hari Pahlawan di atas KRI Makassar 590 sekaligus tabor bunga di Teluk Jakarta. (ilham)