Wednesday, 18 September 2019

Setiap Hari Senin Kebun Binatang Ragunan Tutup

Selasa, 12 November 2013 — 18:43 WIB
ragunan

JAKARTA (Pos Kota) – Kebijakan menutup satu hari dalam sepekan bakal diberlakukan pada Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Hal ini dilakukan sebagai upaya memberi perhatian pada kesejahteraan satwa di Kebun Binatang Ragunan tersebut.

Menurut Ketua Dewan Pengawas TMR, Hashim Djojohadikusumo, kebijakan ini telah disepakati dalam dialog publik Dewan Pengawas TMR beberapa waktu lalu. “Selain tempat rekreasi, mandat yang kami terima dari Gubernur DKI Jakarta berkenaan dengan pengawasan TMR adalah tetap mengedepankan fungsi utama TMR sebagai lembaga konservasi,” jelas Hashim, Selasa (12/11).

Selain memberikan hari libur bagi satwa, lanjut Hasyim, perhatian kesejahteraan satwa mencakup pakan satwa dan pengendalian polutan suara agar tidak mengganggu satwa. “Dari hasil musyawarah disepakati bahwa setiap Senin, TMR akan ditutup untuk umum,” ucapnya.

Dengan demikian, Hasyim meyakini secara bertahap satwa di TMR akan lebih sejahtera dan sehat di habitat yang sehat. Sehingga TMR akan memiliki standar internasional baik dalam pelayanan maupun kualitas satwa. “Langkah ini akan diikuti dengan berbagai langkah bebenah lainnya sebagai wujud tekad menjadikan TMR sebagai Taman Margasatwa kebanggaan Indonesia,” tegas Hashim. (guruh)