Rabu, 13 November 2013 07:04:21 WIB

Bantuan Pemprov DKI Belum Cair

Pembongkaran 239 Vila di Puncak Terancam Batal

vill

BOGOR (Pos Kota) – Janji Satpol PP Kabupaten Bogor membongkar ratusan vila dan bangunan liar di kawasan Puncak, Bogor pertengahan November terancam batal. Mereka terbentur anggaran yang dijanjikan Pemrov DKI Jakarta belum cair.

Padahal sejak Senin, Satpol PP mulai mendata dan menyegel puluhan vila yang bakal digusur. “Pendataan ini dilakukan sampai akhir pekan ini, sebelum kita bongkar. Namun anggaran yang dijanjikan dari Pemnrov DKI Jakarta belum juga dicairkan,” ungkap Kasat Pol PP Kabupaten Bogor Dace Supriyadi, Selasa.

Ditegaskannya, pihaknya serius membongkar 239 vila liar, namun jika memakai dana APBD 2013 tidak cukup, sebab itu meminta bantuan kepada provinsi daerah lain. “Kebetulan saat itu Pemprov DKI bersedia memberikan bantuan buat membongkar vila,” katanya.

Dia menolak menyebutkan besarnya bantuan dari Pemprov DKI .Begitupula besaranya anggaran dari APBD 2013 Kabupaten Bogor yang digunakan membogar vila liar itu. “Hitung sendiri. Untuk membongkar 239 vila dan bangunan liar itu dibutuhkan waktu paling cepat 15 hari dengan melibatkan sekitar 200-an personil Satpol PP plus Polri dan TNI,” kilahnya

Menurutrnya, sampai kini pihaknya sudah menyegel puluhan vila dan bangunan liar di Kampung Bukit Cipendawa, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua dan Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung. “Penyegalan ini sebagai langkah awal sebelum dilakukan pembongkaran,” ujarnya.

Diakuianya pula, saat penyegelan itu, dia dan anak buahnya mendapat intmidasi dan berbagai intervensi. Bahkan, ada yang minta jangan dibongkar dengan berjanji akanm memberikan imbalan. “Tekanan dan intevesi semacam ini datangnya mulai dari kanan, kiri dan bawah hingga atas,” ucapnya.

Meksi demikian, katanya banyak pula pemilik dan penjaga vila yang disegel, sudah mengosongkan perabotan dari dalam vila. “Mereka ini mengaku pasrah, sebab membangun di lahan negara dan saat megurus perizinannya tak bisa dikabulkan,” tutupnya. (iwan)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.