Tuesday, 21 August 2018

Kampung Betawi Ditampilkan di Kota Tua

Kamis, 14 November 2013 — 6:37 WIB
valtewai1411

JAKARTA (Pos Kota) – Promosikan kawasan Kota Tua, Pemprov DKI Jakarta gelar kegiatan Kampung Betawi pada Sabtu (16/11) dan Minggu (17/11) mendatang.Berbagai makanan dan pagelaran budaya lokal akan disuguhkan pada kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Arie Budhiman mengungkapkan penyelenggaraan kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat yang juga memiliki kegiatan tahunan dengan nama Festival Kota Tua.

“Selain itu, dalam penyelenggaraan pertama ini, Kegiatan Kampung Betawi di Kota Tua juga bersinergi dengan festival kuliner dan kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional,” ujar Arie di Balaikota, Rabu (13/11).

Lebih lanjut Arie menuturkan kegiatan tersebut mengangkat budaya dan sejarah terbentuknya masyarakat Betawi yang akulturatif pad zaman dulu, misalnya dari budaya China, budaya Arab atau Persia, budaya Melayu dan Indonesia Timur. “Pengunjung akan dibawa pada suasana Kampung Betawi Jakarta tempo dulu. Dan bagaimana budaya-budaya ini mempengaruhi keberadaan masyarakat Betawi saat ini,” tutur Arie.

Terkait peringatan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November 2013, dalam kegiatan tersebut, Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Barat akan menggelar talkshow bertema kesehatan serta pemeriksaan kesehatan secara gratis.

“Ada pula festival kuliner yang diadakan oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kota Tua. Selain itu, akan ada juga pameran kreatif dan bazaar yang digelar oleh pihak museum,” ungkap Arie.

Ia menambahkan anggaran yang dikeluarkan untu menyelenggarakan kegiatan tersebut adalah sebesar Rp1 miliar dan ditargetkan dapat menarik hingga 10.000 pengunjung. “Kami berharap acara ini bisa berlangsung menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun dan Kota Tua menjadi destinasi wisata unggulan di Jakarta,” pungkas Arie.(guruh)