Tuesday, 18 September 2018

Sungai Citarum Terkotor di Dunia

Sabtu, 16 November 2013 — 16:22 WIB
rumtot1611

KARAWANG (Pos Kota) – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memberikan sanksi tegas kepada perusahaan yang sengaja membuang limbah ke Sungai Citarum dari mulai hulu (Bandung) sampai hilir (Karawang).

“Permasalahan di Jawa Barat, selain narkoba dan yang lainnya ialah lingkungan. Masalah lingkungan saat ini yang harus diperhatikan,” ungkapnya ketika mengahdiri penanaman pohon penghijauan (pohon mangrove) di Pantai Utara Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar Karawang.

Mengenai kondisi sungai Sungai Citarum, kini Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah melakukan perbaikan. Karena itu, jika ada perusahaan yang terbukti mencemari Sungai Citarum akan diproses dengan tegas.

Dedy Mizwar mengungkapkan, pembenahan Sungai Citarum yang mengalir melintasi 10 kabupaten/kota di Jawa Barat tidak hanya dengan cara normalisasi. Kondisi air Sungai Citarum juga akan diperhatikan, sebab akibat tercemar limbah, air sungai Citarum menjadi bau.

Diakuinya kalau dari hulu ke hilir, kondisi Sungai Citarum sudah rusak sehingga tidak keliru jika sungai tersebut mendapat predikat sungai terkotor di dunia. Perbaikan Sungai Citarum diharapkan bisa dilakukan secara besama-sama.

Sebab banyak pihak yang berkaitan dengan Sungai Citarum dan bertanggung jawab untuk memperbaikinya, seperti BBWS, BPLHD, Perhutani, serta LSM pemerhati lingkungan dan pemerhati lingkungan lainnya. (nourkinan)