Thursday, 15 November 2018

Pemkot Jakbar Bangun Tiga Rumah Pompa

Minggu, 17 November 2013 — 14:46 WIB
cekunganke1711

KEMBANGAN (Pos Kota) – Pemkot Jakarta Barat (Jakbar) melalui Sudin PU Tata Air membangun tiga rumah pompa di wilayah RW 08 Kedaung Kali Angke, RW 07 Semanan dan RW 01 Kembangan Utara. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mengatasi genangan di tiga wilayah tersebut.

Kasudin PU Tata Air Jakbar, Pamuji mengatakan selama ini di ke tiga wilayah tersebut sering terjadi genangan saat hujan, sehingga sebagai salah satu upayanya dengan dibangun rumah pompa. Di mana nantinya air genangan bisa cepat disedot dengan pompa. “Pembangunannya dengan anggaran Tahun 2013,” katanya, Minggu (17/11).

Dikatakan di wilayah RW 08 Kelurahan Kedaung Kali Angke, Cengkareng merupakan kawasan cekungan sehingga setiap kali hujan langsung timbul genangan. Apalagi wilayah ini juga dikelilingi oleh sungai-sungai besar, yaitu di sisi Utara ada Kali Mookevart, di sisi Timur ada Anak Kali Angke dan di sebelah Barat ada Kali Cengkareng. “Nantinya air yang dipompa akan dilairkan ke Kali Moorkevart,” katanya.

Di wilayah RW 07 Kelurahan Semanan merupakan kawasan rawan genangan karena letaknya yang rendah, saluran airnya juga belum standar yang bermuara ke saluran penghubung Keramat yang belum teknis dan terkoneksi dengan Kali Mookevart yang belum ada pintu airnya dan pompa. “Jadi di wilayah ini dibangun pintu air dan pompa dengan kapasitas 1000 liter/detik,” ucap Pamuji didampingi Kasi Perencanaan, Santo.

Sedangkan di RW 01 Kembangan Utara juga kawasan rawan genangan karena pembuangan airnya bertumpu pada saluran penghubung Kompas yang langsung bermuara ke Kali Angke dan belum ada pintu air dan pompa. Akibatnya saat Kali Angke permukaan airnya tinggi, air dari saluran berbalik dan mengenangi depan SDN 01 Kembangan Utara. (tarta)

Teks Pembangunan rumah pompa di RW 08 Kedaung Kali Angke