Thursday, 23 May 2019

Bekas Pabrik Terbakar di Batu Ceper

Jumat, 22 November 2013 — 18:59 WIB
brikar2211

TANGERANG(Pos Kota)- Bekas pabrik milik PT Karunia Sejati Plastikindo (KSP), di Jalan Garuda No 28, kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang, Jumat (22/11) siang ludes terbakar.Sebelumnya pabrik itu memproduksi sparepart sepeda motor

Api berasal dari percikan mesin gerinda yang digunakan pekerja saat memotong mesin pengecatan body sepeda motor.

Amirulah mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Ketika itu pekerja sedang membongkar mesin pengecat pabrik yang sudah ditutup sejak dua tahun lalu itu. Rencananya mesin itu akan dipindahkan ke tempat lain.

“Mesin yang sudah tidak beroperasi itu mau dibongkar. Saat bagian mesin dipotong pakai mesin gerinda, percikan apinya mengenai serbuk bekas cat yang sudah mengering,” katanya.

Ternyata percikan itu menyulut api material cat yang masih mengandung bahan kimia sehingga langsung membakar mesin. Kobaran api pun semakin besar saat merembet ke mesin lainnya.

“Pekerja tidak tahu kalau masih ada sisa-sisa cat. Mereka hanya disuruh membongkarnya. Saat api besar, langsung dilaporkan ke penanggung jawab pabrik,” terang Amirulah.

Tak lama berselang, tiga unit mobil pemadam kebakaran Kota Tangerang yang datang langsung datang ke lokasi. Kurang dari satu jam, api akhirnya berhasil dipadamkan.

Menurut Amirulah, pabrik tersebut sudah tutup sejak 2 tahun lalu. Meski sudah tutup, barang-barang pabrik baru dibereskan sejak satu bulan lalu, karena belum mendapat tempat baru. “Ini sedang dibereskan, mau pindah,” katanya.

Kapolsek Batu Ceper Kompol Krismi Widodo mengatakan, pihaknya telah melakukan oleh tempat kejadian perkara serta memanggil sejumlah saksi mata dan pihak perusahaan guna menyelidiki lebih lanjut dugaan kebakaran yang terjadi.‬(maryoto)

Foto ilustrasi