Wednesday, 14 November 2018

Borussia Dortmund v Bayern Muenchen, Guardiola Mainkan Mario Gotze

Sabtu, 23 November 2013 — 11:12 WIB
Mario-Gotze-dan-guardiola

DORTMUND (Pos Kota) – Partai bertajuk der klasiker bakal mewarnai Bundesliga Jerman saat Borussia Dortmund menjamu Bayern Muenchen di Signal Iduna Park, Minggu (24/11) dinihari WIB nanti. Terpaut empat angka, sudah menjadi tugas Dortmund untuk kembali membuat persaingan menuju tangga juara Bundesliga kembali sengit.

Oleh karena itu, pelatih Dortmund, Jurgen Klopp meyakini bahwa suporter Dortmund akan memberikan pengaruh besar demi upaya mengamankan poin penuh pada laga nanti. “Melawan tim sekelas Muenchen dengan jarak empat angka, kami wajib memberikan seluruh kemampuan yang kami miliki, permainan menarik di lapangan, serta dukungan dari para suporter,” kata Klopp seperti yang disitat Bild, jelang pertandingan.

Saat ini Muenchen masih memimpin klasemen sementara dengan 32 poin dan hanya berada satu tingkat di atas Dortmund dengan 27 angka. Artinya, kedua tim dipastikan akan sangat ngotot membidik kemenangan. Seperti yang dilaporkan media Jerman, laga nanti dipastikan bakal dipenuhi para fans Dortmund, setidaknya 81.000 ribu penonton diperkirakan hadir menyaksikan laga panas tersebut. Dengan demikian, rasa percaya diri untuk membidik kemenangan bagi Dortmund, kian bertambah.

Modal untuk yang dimiliki skuad Klopp pun cukup meyakinkan. Pada Juli lalu di Piala Super Jerman, skuad Klopp bisa mengandaskan anak-anak asuh Pep Guardiola dengan skor 4-2. Sayang, usaha Klopp untuk bisa menurunkan kekuatan penuh bakal terhalang, menyusul badai cedera pemain. Mulai dari bek kanan Lukasz Piszczek yang sudah absen lama, Neven Subotic, Mats Hummels, hingga bek kiri Marcel Schmelzer. Hal yang membuat Klopp kemudian memasukkan Manuel Friedrich yang tak memiliki klub.

Dortmund juga tengah diterpa hasil tak memuaskan sebelum jeda pertandingan internasional. Mereka kalah beruntun dari Arsenal dan Wolfsburg. Kontras dengan Munchen yang sejak tumbang dari Dortmund, skuad Guardiola itu tak terkalahkan dalam 19 laga terakhir, plus dua hasil imbang. Namun badai cedera juga tengah melanda Muenchen setelah dipastikan tampil tanpa Franck Ribery, Bastian Schweinsteiger, Claudio Pizarro, dan Xherdan Shaqiri.

Hal itu memaksa Guardiola bakal memainkan sang ‘pembelot’, Mario Gotze yang kemungkinan bakal mendapat cemoohan di depan publik Signal Iduna Park. Pada laga lainnya di hari yang sama, Nuernberg vs Wolfsburg, Augsburg vs Hoffenheim, Eintracht Braunschweig vs Freiburg, Eintracht Frankfurt vs Schalke 04, dan Hertha Berlin vs Bayer Leverkusen. Sebelumnya, Freiburg gilas Stuttgart 3-1 dan Stuttgart takluk 0-2 dari Borussia M’gladbach. (junius/yo)