Wednesday, 19 September 2018

Kecamatan Penjaringan Bersiap Hadapi Banjir

Sabtu, 23 November 2013 — 19:46 WIB
iabnjir2311

PENJARINGAN (Pos Kota) – Sebagai daerah rawan banjir baik kiriman dan air pasang, berbagai kesiapan sudah dilakukan Camat Penjaringan, Jakarta Utara. Antisipasi ini dilakukan dengan harapan saat terjadi musibah banjir yang diperkirakan Desember hingga Januari karena curah hujan tinggi,warga tidak akan mengalami kesulitan yang lebih parah.

Camat Penjaringan Rusdiyanto mengakui saat ini pihaknya terus melakukan persiapan menghadapi banjir. “Persiapan diantara lain menyiapkan tempat penampung pengungsi banjir, tenda-tenda darurat, makanan dan persiapan lainnya,”katanya.

Pihaknya sudah membersihkan saluran air, dan pengerukan waduk. Selain itu sejumlah pompa air yang ada di Penjaringan, juga sudah berfungsi. Diharapkan dengan cara seperti ini nanti akan dapat mengantisipasi banjir yang hampir setiap tahun selalu terjadi.

“Wilayah Penjaringan rawan banjir karena dilalui kali besar seperti Banjir Kanal Barat, di mana pada banjir tahun 2012 lalu, sebanyak 5 kelurahan di wilayah Kecamatan Penjaringan terendam banjir. Kami tidak menginginkan hal itu terjadi lagi, maka dari itu sejak dini persiapan ini kami lakukan,”terang Rusdiyanto.

Lurah Kapuk Muara, Purnomo, mengaku pihaknya juga sudah melakukan persiapan. Ini dilakukan karena wilayahnya rawan banjir bukan hanya saat hujan saja, tapi air pasang juga selalu menggenangi pemukiman penduduk.

“Langkah mengantisipasi datangnya banjir akibat curah hujan yang tinggi. Kami sudah melakukan, normaliasi saluran air terbuka dan melakukan penurapan. Selain itu pompa-pompa air yang ada di wilayah kami sudah bisa beroperasi semuanya, dengan begitu saat musim hujan tiba, kami tidak akan khawatir lagi,”terangnya.

Ditambahkan oleh Lurah, genangan air yang ada di RT 01/01, Kel. Kapuk Muara, pompa air milik Suku Dinas Pekerjaan Umum ( PU ) Tata Air Jakarta Utara beroperasi seluruhnya secara rutin sehingga tidak mengkhawatirkan akan terjadi genangan dan banjir. (Wandi)