Thursday, 20 September 2018

68 Atlet Tunagrahita Ikuti Tujuh Cabang Olahraga

Senin, 25 November 2013 — 17:03 WIB
asegaf1

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 68 atlet penyandang tunagrahita akan mengikuti Special Olimpics Asia Pacific Regional Games 2013 di New Castle, Australia,  30 November-7 Desember ini.

Rombomgan kontingen Indonesia yang seluruhnya berjumlah 95 orang termasuk official dan pelatih tersebut dilepas secara resmi oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie dikantornya, Senin (25/11).

“Atlit tunagrahita Indonesia akan mengikuti  7 cabang olahraga, yaitu atletik, tenis meja, bola basket, sepakbola, badminton, renang dan bocce. Ini event terbesar pertama tingkat reginal Asia Pacific dan diharapkan jadi program dua tahunan dari Special Olimpics Asia Pacipics (SO-Aspac),” jelas Mensos.

Pemerintah, lanjutnya, mendukung penuh kebutuhan atlet selama bertanding, sebab mereka adalah duta bangsa, sekaligus motivator bagi penyandang disabilitas lainnya untuk tetap semangat menjalani hidup. “Mereka harus yakin bahwa  ditengah keterbatasan terdapat kekuatan yang besara.”

Menurutnya Kemensos membina para penyandang disabilitas melalui panti milik pemerintah dan panti-panti yang dikelola masyarakat. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh panti, yang utamanya mengembangkan potensi yang dimiliki mereka.

Ketua Umum Penguurus Pusat Special Olimpics Indonesia dr. Pudji Hastuti,  kegiatan ini akan diikuti oleh 27 negara di 1ilayah Asia Pasipic  dan 5 negara dari wilayah Asia Timur, yang melibatkan 1.750 atlet, 450 atlet, 4.000 relawan dan lebih dari 1.000 keluarga.

“Para atlet sempat mengikuti pelatnas selama 15 hari sejak 11-26 November,” jelasnya. (Tri/d)