Tuesday, 20 November 2018

Dari Pada Umbar Janji

Caleg Lebih Baik Lakukan Silaturahmi

Selasa, 26 November 2013 — 17:34 WIB
yusron2611

JAKARTA (Pos Kota) – Calon legislatif (caleg) jangan mengumbar janji-jani manis kepada masyarakat saat berkampanye. Mereka seharunya menerapkan pendekatan silaturrahmi.

Menurut Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Prof. Dr. Yusron Razak, M.A. di Jakarta, Selasa (26/11), kalau banyak umbar janji, dan setelah terpilih tidak menepati janjinya, maka akan menyakitkan hati masyarakarat.

Yusron menyarankan agar caleg menerapkan politik silaturrahmi dengan masyarakat, menemui masyarakat di balai warga, atau komunitas kecil masyarakat lainnya.

“Ini lebih efektif ketimbangan a caleg itu mengumbar janji terhadap masyarakat. Dalam silaturrahmi itu para caleg itu bisa menyampaikan tujuannya menjadi caleg, atau menyampaikan visi dan misinya sebagai caleg,” papar Yusron.

Menurut dia, silaturrahmi dengan masyarakat bisa menampung aspirasi mereka, caleg itu bisa mengetahui persoalan riil di tengah masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, politik silaturrahmi akan mencegah besarnya dana yang harus dikeluarkan caleg. Karena besarnya dana yang dikeluarkan caleg saat kampanye membuat caleg itu setelah terpilih akan melakukan korupsi, atau penyimpangan lainnya.

“Bukan hal yang baru banyak caleg harus mengembalikan uang yang pernah dikeluarkan saat kampanye, sehingga mereka melakukan korupsi, atau memperjuangkan kepentingan terhadap orang yang pernah membantunya saat kampanye,” tutur Yusron.

Ia menambahkan masyarakat juga agar tidak memilih caleg yang melakukan politik uang. “Masyarakat agar memilih caleg yang memiliki integritas dan kualitas dari caleg itu sendiri,” papar Yusron. (Johara)

Teks : Prof Dr Yusron Razak,M.A.