Saturday, 25 November 2017

Plafon Kelas Ambrol Seorang Siswa SD Luka

Selasa, 26 November 2013 — 19:28 WIB
ponplaf2611

PADEMANGAN (Pos Kota) – Dimakan rayap, plafon ruang kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Pademangan Barat, di Jalan. Satria I, Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara ambrol, Selasa (26/11). Meski tidak ada korban jiwa saat plafon seukuran 3×4 tersebut jatuh sekitar pukul 11.00 , namun akibat peristiwa itu membuat panik pelajar yang ketika itu melakukan aktifitas belajar mengajar.

Seorang siswa kelas IV, Wahyu Susanto,9, luka-luka di kepalanya akibat tertimpa atap hingga benjol. Akibatnya atas kejadian itu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dihentikan dan siswa dievakuasi keluar dari kelas.

Salah seorang wali murid siswa kelas IV, Siti Salama,47, mengatakan dirinya ke sekolahan ini bermaksud ingin menjemput anaknya. Saat menunggu itulah dia mengatahui adanya plafon di kelas tersebut ambrol. “Anak saya Rahmat Putra,9, tiba-tiba keluar dari ruang kelas dan berlari menghampiri saya sambil nangis histeris sambil berteriak-teriak temannya tertimpa atap. Dia bilang Wahyu tertimpa atap kelas,” ujarnya.

Mendengar aduan itu, Siti langsung bergegas menuju kelas dan melihat plafon bagian depan kelas dekat pintu masuk rubuh. “Saat itu Wahyu berada di depan pintu, tertimpa plafon yang rubuh. Kami bersama-sama guru langsung menolongnya,” katanya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasana Sudin Dikdas Jakarta Utara, Saeful, mengatakan sebelum terjadinya plafon sekolahan ini ambruk, pihaknya sudah mengusulkan untuk melakukan rehab terhadap sekolah tersebut. Namun, meski dua kali di usulkan hingga saat ini belum menerima anggaran untuk melaksanakan rehab.

“Jika tahun ini keluar akan kami rebah, dan jika tidak keluar kita tindak lanjuti pada 2014 nanti. SDN 05 Pagi Pademangan Barat, ini dibangun sejak tahun 1962 dengan luas lahan sekitar 850 M2. Bangunan gedung sekolahan ini di renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2008 lalu,” ujarnya.

Diakui oleh Saeful memang sekolahan ini perlu secepatnya direhab. Bahkan pada Minggu (17/11) lalu sebelum atap di kelas IV abrol pihaknya juga memperbaiki dan mengganti atap kelas V, yang rusak. Beruntung saat kejadian itu sekolah sedang libur sehingga tidak ada korban. Penyebab ambrolnya plafon ini dikarenakan dimanakan rayap dan termakan usai. (wandi)

Teks Plafon SDN 05, Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara yang jebol. (wandi)