Senin, 2 Desember 2013 22:13:02 WIB

Jalur Busway Jalan Perintis Kemerdekaan Mandek

dekman212

KELAPA GADING (Pos Kota) – Pembangunan jalur busway di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Utara, hingga saat ini masih terbengkelai. Proyek ini mandek, karena masih adanya lahan dan bangunan belum dibongkar dan dibebaskan.

Belum dibebaskannya lahan dan bangunan karena pemiliknya meminta ganti rugi di atas Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP). “Di lokasi tersebut NJOP-nya berkisaran Rp2.779 juta/M2, sedangkan pemilik meminta itu Rp4 juta/M2. Ini terlalu tinggi sehingga belum ada kata sepakat,” kata Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Junaedi, Senin (2/12).

Wakil Walikota Jakarta Utara, Tri Kurniadi, menambahkan pihaknya hingga saat ini terus melakukan lobi-lobi terhadap pemilik lahan agar bersedia menerima ganti rugi sesuai dengan NJOP.
“Mudah-mudahan dalam waktu dekat lahan itu bisa segera dibebaskan dan pembangunan jalur busway dapat dilanjutkan kembali,” katanya.

UNTUK PARKIR

Dari pantauan di lokasi, jalur busway yang sebagian telah dicor justru dimanfaatkan untuk parkir liar, tukang tambal ban, tempat tumpukan barang rongsokan dan penampungan sampah serta parkir gerobak sampah.

Bahkan, jalan yang yang sebagian sudah dicor itu saat ini kondisinya dimanfaatkan parkir liar, tukang tambal ban, tempat penumpukan barang rongsokan pedagang kaki lima dan dimanfaatkan sebagai tempat gerobak sampah parkir, serta penampungan sampah. Kondisi ini tentu sangat disayangkan karena membuat lingkungan jadi kumuh dan kotor serta bisa membuat rusak jalan. (wandi/st)

Teks : Jalur busway di Jalan Perintis Kemerdekaan yang belum selesai pembangunannya justru dimanfaatkan sebagian warga untuk parkir kendaraan dan tempat sampah. (wandi)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.