Wednesday, 17 July 2019

Polres Jakut Ciduk 37 Pencuri Motor

Senin, 2 Desember 2013 — 12:43 WIB
polres1

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Operasi Sikat Jaya 2013 yang digelar jajaran Polres Jakarta Utara berhasil mengamankan 112 sepeda motor dan menahan 37 tersangka. Para spesialis curanmor itu diamankan secara terpisah di beberapa kawasan Jakarta Utara.

Dari tersangka, petugas menyita berbagai macam alat kejahatan seperti badik, clurit, parang, senpi dan kunci leter T. “Rata-rata tersangka melakukan pencurian motor lebih dari satu kali. Dan ini masih kita lakukan pengembangan. Operasi ini merupakan operasi rutin serta Sikat Jaya 2013,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara, AKBP Daddy Hartadi.

Daddy menjelaskan, ke-37 pelaku tersebut melakukan aksinya dengan mengintai kendaraan terparkir atau melakukan penodongan kepada korban. Beruntung dari aksi para pelaku tersebut tidak menimbulkan jatuhnya korban.

Salah satu pelaku, Sani, 21, tertangkap oleh anggota Reskrim Jakarta Utara saat mendorong hasil curiannya di kawasan Gunung Sahari, Pademangan. Pria asal Lampung itu mengaku, mencuri karena butuh uang untuk pulang kampung. Nahas, Sani yang berpura-pura saat ingin belanja ke WTC Mangga Dua, tertangkap dengan kunci leter T yang masih menggantung di motor curiannya.

“Mau pulang kampung, gak ada ongkos. Saya liat ada motor parkir saya dorong. Tapi pas di WTC Mangga Dua ketangkap. Disini (Jakarta) saya hanya main aja,” sesal Sani.

Dari Sani, barang bukti motor Vixion merah no pol B 3202 UAK dan 1 kunci leter T berhasil diamankan. Sedangkan dari 37 tersangka lain, sebanyak 112 buah motor dan satu mobil diamankan oleh Mapolres Jakarta Utara beserta 9 kunci letter T, 1 buah Clurit, STNK 3 buah, senpi serta dompet dan plat motor palsu.

Semua pelaku dijerat dengan pasal 363 dan 365 dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. “Operasi ini akan terus kita lakukan, untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” tukas Daddy. (Ilham)

Teks : Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara, AKBP Daddy Hartadi didampingi para Kapolsek menunjukkan barang bukti sajam dan senpi. (Ilham)