Thursday, 16 August 2018

Rhoma Irama Usul MK Dibubarkan Saja

Senin, 2 Desember 2013 — 16:09 WIB
Rhoma Irama di Panwaslu.yogi-n

JAKARTA (Pos Kota) – Dalam penampilan tiga bakal calon presiden PKB,  Rhoma Irama mengusulkan lembaga Mahkamah Konstitusi (MK) dibubarkan saja.

“Saya mengusulkan lembaga MK itu dihapuskan saja dari UUD 1945 hasil amandemen. Sebab, MK itu punya kesamaan kerja dengan MA. Daripada tumpang tindih, lebih baik dihapuskan saja,” ujar Rhoma di Gedung MPR, Senin (1/12).

Menurut Rhoma, ada kesamaan MA dan MK, yakni mengadili di tingkat pertama, tapi kalau MK putusannya langsung final dan mengikat. Sedangkan MA, ada kasasi dan peninjauan ulang. “Ini menjadi aneh, MK langsung final dan mengikat. Ini harusnya tidak ada,” ujarnya.

JK menyatakan untuk membangun lembaga kepresidenan yang efisien dan efektif, presiden perlu melakukan tindakan-tindakan sesuai tugasnya. “Presiden itu pemerintah, yang namanya pemerintah, ya memerintah, bukan menghimbau,” katanya.

Ia memberikan contoh pada eranya, ia berani meminta Presiden SBY menaikkan harga BBM tanpa harus minta persetujuan DPR. Waktu itu pihak DPR tidak terima, dan harus ada pembicaraan dengan DPR.

“Saya ke DPR, dan saya katakan, apa hak DPR harus memberi persetujuan soal kenaikan BBM, tidak ada hak DPR” katanya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKB Lukman Edy menyatakan, pihaknya bangga bisa menampilkan tiga bakal capres untuk bicara masalah perbaikan lembaga kepresidenan.

“Ketiganya adalah tokoh yang sangat kompeten. Pak JK kan mantan Wapres, bahkan dulu disebut The Real President, karena efektivitas JK dalam ambil keputusan, dan hasilnya luar biasa,” kata Lukman.

Sedangkan Mahfud, ujarnya,, dulu waktu jadi Ketua MK banyak terobosan-terobosan yang berguna untuk bangsa ini.

Untuk Rhoma Irama, selalu dikagumi para penggemarnya yang luar biasa banyak. “Bang Rhoma begitu banyak yg menyukai, tanpa mengundang, kalau beliau pentas, banyak orang langsung datang,” katanya. (winoto/d)