Thursday, 15 November 2018

Normalisasi Waduk

Pemprov DKI Beli Ratusan Alat Berat

Rabu, 4 Desember 2013 — 14:20 WIB
Waduk Pluit

Waduk Pluit

JAKARTA (Pos Kota) – Ratusan alat berat bakal dibeli Pemprov DKI Jakarta untuk normalisasi 76 waduk di wilayah ibukota. Melalui pembelian sarana ini diharapkan akan mampu mempercepat pengerjaan proyek penanganan banjir tersebut yang ditargetkan rampung 2015.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Manggas Rudy Siahaan, minimnya ketersediaan alat kerap menjadi kendala pengerjaan berbagai proyek normalisasi waduk maupun sungai. Tidak hanya itu saja dengan memiliki ratusan alat berat, maka pengerjaan yang dilakukan pihaknya akan lebih mudah.

“Pastinya dengan memiliki alat berat yang banyak akan lebih efektif dan efisien. Baik dari segi waktu maupun biaya,” ungkap Rudy, Rabu (4/12).

Adapun dari 76 buah waduk yang ada di Jakarta memiliki luas total keseluruhan mencapai 502 hektar. Paling banyak terdapat di Jakarta Utara seluas 225 hektar, Jakarta Timur seluas 163 hektar, Jakarta Selatan ada 88 hektar, Jakarta Barat ada 15,5 hektar, dan Jakarta Pusat seluas 10,5 hektar.

Saat ini kondisi waduk-waduk yang ada di Jakarta itu pun bervariatif. Ada yang masih berfungsi sebagai penampung air hujan dengan baik, ada yang sudah mengalami pendangkalan kurang dari tujuh meter, dan ada juga waduk yang dipenuhi tumbuhan eceng gondok, endapan, dan bangunan liar.

(guruh/sir)