Friday, 23 August 2019

Anggota DPD RI Harus Hadir di Tengah Rakyat

Kamis, 5 Desember 2013 — 16:03 WIB
dpd-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua DPD RI Irman Gusman yang kini jadi peserta Konvensi calon presiden Partai Demokrat, meminta kepada para anggota DPD RI jangan pernah lupa menyapa masyarakat, dan hadir di tengah-tengah rakyat yang ada masalah.

“Sesuai UU, anggota DPD harus menangkap aspirasi rakyat. Jadi harus sering menyapa rakyat. Bagi yang maju lagi lewat Pemilu, nanti kalau sudah terpilih kembali, juga jangan lupa diri,” kata Irman saat membuka seminar ‘Memperkuat Pola Komunikasi Anggota DPD Dengan Konstituen Pasca Putusan MK,” di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (5/12).

Menurut dia, kalau anggota DPD tidak suka menyapa masyarakat, pasti dia akan kesulitan dalam menjalankan tugasnya. Tapi  kalau ada persoalan di masyarakat selalu hadir, maka akan mudah mengerjakan DPD, kata Irman, perlu membangun komunikasi dengan masyarakat maupun konstituen tanpa ada halangan. Asalkan mau bersikap terbuka semua akan mudah.

“Masyarakat juga akan merasakan kehadiran dia untuk mewakili aspirasinya jika bersikap terbuka. Sebenarnya, yang penting itu masyarakat disapa dan diperjuangkan kebutuhannya. Soal berhasil atau tidak, itu masalah lain,” papar Irman.

Ditegaskannya, masyarakat juga paham kalau DPD RI kewenangannya terbatas. Pada intinya anggota DPD RI harus menjadi aktor yang terampil dalam menyuarakan dan memainkan perannya dalam memperjuangkan rakyat. “Agar DPD punya arti bagi rakyat,” katanya.

(winoto/sir)