Thursday, 25 April 2019

UNESCO : Masakan Jepang, Warisan Budaya Tak Benda

Kamis, 5 Desember 2013 — 19:30 WIB
Washoku

PARIS –  Organisasi budaya PBB, UNESCO, menambah masakan tradisional Jepang sebagai warisan budaya tak benda dalam pertemuan di Azerbaijan.

japanese_food

Masakan Jepang yang disebut Washoku telah diterapkan sebagai tradisi selama berabad-abad dan merupakan masakan kedua yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya Rabu (04/12).

Dilansir situs BBC, Jepang berharap dengan penetapan masakan tradisional sebagai warisan budaya tak benda akan meningkatkan upaya untuk menyelamatkan Washoku di dalam negeri.

Dua tahun lalu, UNESCO menetapkan masakan Prancis dengan penyajian unik yang ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda.

Sejumlah pihak khawatir banyak warga Jepang yang beralih dari masakan tradisional dan lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji serta masakan Barat.

RENDAH KALORI

Masanori Aoyagi, komisaris badan budaya Jepang mengatakan kepada komite UNESCO bahwa washoku memiliki kalori rendah dan sehat serta memberikan nuansa kebersamaan.

Tradisi lain yang ditetapkan dalam 14 budaya tak benda baru dalam daftar UNESCO termasuk penghitungan dengan menggunakan abaskus di Cina serta ritual agama di maoseleum Sidi Abd el-Qader Ben Mohammed di Aljasair. – bbc/d