Wednesday, 13 December 2017

Normalisasi Kali Ciliwung Banyak Kendala

Jumat, 6 Desember 2013 — 8:22 WIB
kellada612

JAKARTA (Pos Kota)- Normalisasi Sungai Ciliwung belum jelas kapan dilakukan. Menurut Gubernur DKI Jokowi, bahwa saat ini masih dalam tahap pembuatan trase. Selain itu, kata dia banyak kendala yang dihadapi. Salah satunya pembebasan lahan, karena melibatkan sekitar 34 ribu warga. Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) untuk relokasi warga.

“Untuk trase Ciliwung masih nunggu. Karena trasenya baru sampai di kita. Tapi Ciliwung saya kira lapangannya masih bermasalah. Warganya kan banyak sekali sampai 34 ribu. Sebetulnya masyarakatnya sudah mau pindah tapi rusunnya dimana? Pindahnya kemana? Ini masih dalam proses dibangun toh,” kata pria asal Solo ini.

Rencananya warga yang berada di bantaran Ciliwung, akan dipindahkan ke Rusunawa Pasar Rumput dan Jatinegara Barat. Namun saat ini rusunawa tersebut masih belum dibangun. Menurutnya normalisasi Sungai Ciliwung sangat tergantung dengan relokasi warga. “Kenapa tidak dari dulu-dulu rusun dibangun? Mereka dipindah, masa dalam waktu yang singkat. Mau dipindah kemana?,” ujarnya.(guruh)

Warga mandi di Kali Ciliwung yang airnya kotor