Saturday, 26 May 2018

Unggas di Cempaka Putih Dirazia Lurah

Jumat, 6 Desember 2013 — 14:01 WIB
unggas-sub

CEMPAKA PUTIH (Pos Kota) – Upaya pencegahan Virus Flu Burung di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, terus dilakukan petugas kelurahan dengan melakukan sweeping (razia) unggas di rumah-rumah milik warga, Jumat (6/12) pagi.

Hasilnya, puluhan unggas berupa ayam dan burung ditemukan petugas dari 3 rumah milik warga yang ada di RW04. Tindakan pun, langsung dilakukan dengan penyitaan hingga pemusnahaan unggas dengan cara dipotong di tempat.

Emon, salah seorang pemilik unggas, mengaku dirinya rutin melihara kebersihan kandang dan ayam peliharaannya. Meski demikian, pedagang makanan tersebut mengaku pasrah bila di wilayahnya tidak diperkenankan memilihara unggas.

“Sebenarnya sih hobby melihara ayam, kan hasilnya lumayan juga bisa dijual,” ucapnya. Karena mendapat larangan, dirinya pun mengaku akan memindahkan lokasi pemeliharaannya di kampung halamannya di Tambun, Bekasi.

Sementara itu, Lurah Cempaka Putih, Ety Kusmiaty, menjelaskan pemusnahan unggas sebagai penegakan Perda No.4 Tahun 2007 tentang pengendalian dan pengawasan peredaran unggas. “Sebelumnya kita sudah bersurat dan lakukan pembinaan sebelum sweeping,” jelasnya.

(deny/sir)

Teks Gbr- Lurah Cempaka Putih Timur, Ety Kusmiaty, (kiri baju merah) melakukan sweeping unggas milik warga di pemukiman. (deny)