Wednesday, 14 November 2018

‘Sang Kiai’ Menangi FFI 2013, PBNU Bangga

Senin, 9 Desember 2013 — 17:45 WIB
Sang Kiai-film-n

SEMARANG (Pos Kota) -Kemenangan film ‘Sang Kiai’ di ajang bergengsi Festival Film Indonesia (FFI) 2013 di Semarang, Jawa Tengah, bukan hanya membanggakan sutradara pendukung dan produsernya, melainkan juga para Nahyidin, warga NU.

Sang Kiai-330

Adegan film Sang Kiai garapan Rako Priyanto

Pasalnya film itu mengisahkan riwayat sosok yang dihormati warga  NU.

“Sebagai warga NU, sebagai Ketua Umum PBNU, jelas saya ikut bangga atas ditetapkannya film ‘Sang Kiai’ sebagai film terbaik Indonesia 2013,” ungkap KH Said Agil Siraj, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta.

Menurut KH Agil, anugerah Piala Citra FFI tersebut sekaligus dinilai sebagai pengakuan atas sejarah yang sempat dilupakan.

Sang Kiai-film03

Film Sang Kiai meraih gelar Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, dan Penataan Suara Terbaik.

Film garapan sutradara Rako Prijanto ini menceritakan tentang perjuangan KH Hasyim Asy’ari dan pondok pesantrennya dalam melawan penjajah.

Selain itu film ini juga menceritakan tentang kehidupan keluarga KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur).

MEMACU PRODUKSI

Produser film ‘Sang Kiai’ Gope T. Samtani mengatakan film yang dibintangi Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro dan Adipati Dolken itu akan memacu mereka untuk kembali melahirkan film berkualitas dan bermutu.

“Pastinya akan memacu kami dalam menghasilkan film berkualitas yang lebih baik lagi,” tutur Gope usai menerima penghargaan Piala Citra FFI 2013 di Marina Convention Centre di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (8/12) dini hari.

Film ‘Sang Kiai’ berhasil menyingkirkan film-film box office Indonesia seperti ‘5 Cm’, ‘Belenggu’, ‘Habibie & Ainun’ serta ‘Laura & Marsha’. Bahkan, sutradara film tersebut, Rako Prijanto berhasil keluar sebagai Sutradara Terbaik FFI 2013.

Kesuksesan film ‘Sang Kiai’ tak hanya bergaung di dalam negeri. Sebab, film yang mengangkat kisah seorang pejuang kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama itu akan diikutkan dalam ajang Piala Oscar.

“Kami juga akan ikutkan film Sang Kiai akan diikutkan ke Oscar. Mudah-mudahan film ini bisa dinikmati untuk skala Internasional,” harap produser Rapi Films tersebut.

Selain ditetapkan sebagai film terbaik, di FFI 2013 film ‘Sang Kiai’ juga berhasil menggondol tiga penghargaan lainnya, yaitu sutradara terbaik, aktor pendukung terbaik, dan penataan suara terbaik. (mia/rf)