Thursday, 23 November 2017

Setelah Keluar Diam Seribu Basa

Airin Delapan Jam Diperiksa KPK

Selasa, 10 Desember 2013 — 19:01 WIB
panjam1012

JAKARTA (Pos Kota) – Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, akhirnya rampung menjalani pemeriksaan di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (10/12).

Istri tersangka kasus dugaan suap sengketa Pilkada Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi (MK), Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan ini diperiksa hampir delapan jam sebagai saksi untuk mantan Ketua MK, Akil Mochtar, tersangka lain dalam kasus ini.

Sekeluarnya dari pemeriksaan Airin yang mengenakan baju dan jilbab warna putih tampak lelah. Dirinya memilih irit bicara saat dikonfirmasi wartawan soal pemeriksaan yang dijalaninya.

“Ya saya memenuhi panggilan untuk diperiksa kasus sebelumnya. Boleh tanyakan langsung ke penyidik atau KPK,” ujar dia singkat, sebelum akhirnya bergegas menaiki mobil Kijang Innova warna putih bernomor polisi B 1720 CFP yang menunggunya di halaman gedung KPK, sekitar Pk. 17:20.

KPK memeriksa Airin karena dirinya dianggap bisa memberikan informasi terkait kasus suap sengketa pilkada Lebak, Banten ini. Selain Wawan yang merupakan adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan Akil, kasus ini juga menjerat seorang pengacara bernama Susi Tur Andayani.

Sejak pagi tadi, terkait kasus ini KPK pun memeriksa Ratu Atut sebagai saksi untuk tersangka Akil. Atut diduga sebagai pihak yang memerintah Wawan untuk menyuap Akil melalui Susi. Hingga Pk. 18:40, Atut belum selesai diperiksa KPK. (yulian)

Teks : Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Selasa (10/12)