Monday, 24 September 2018

Disiapkan, Proyek Pembuatan Film ‘Misteri Candi Borodur’

Rabu, 11 Desember 2013 — 2:52 WIB
Stupa Borobudur-n

JAKARTA –  Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman pada Tahun Anggaran 2013 ini telah menyiapkan fasilitasi riset dalam rangka pembuatan film Candi Borobudur.

Stupa Borobudur-330

Hasil riset tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai bahan skenario film Candi Borobudur.

Pemilihan Candi Borobudur menjadi ide cerita filma didasarkan pertimbangan bahwa Candi Borobudur merupakan warisan budaya dunia (World Heritage Site) yang diakui UNESCO sebagai bukti kejayaan peradaban Indonesia

Pelaksana riset film ini adalah PT. Adipura Citra Sinema, dengan yang dipimpin Sarojini Imran, ST.,M.Si., dengan anggota riset Kartum Setiawan,S. Hum., sebagai peneliti sejarah dan arkeologi, dan Yudistira sebagai peneliti film.

Adapun untuk ide cerita film dibuat oleh Gus Tf. Sakai (Budayawan) dan berdasarkan ide cerita tersebut kemudian ditulis naskah/skenario film oleh Melvi Yendra dan bertindak sebagai reviewer naskah/skenario Film diantaranya adalah Iip S. Hanan, Ilma Fathnurfirda dan Budiman Akbar.

Film Candi Borobudur ditujukan kepada generasi muda, maka skenario yang disusun adalah bertemakan petualangan, mememecahkan misteri Candi Borobodur.

Disikisahkan ada sekelompok pemuda berusaha memecahkan symbol-simbol yang ada untuk menemukan artefak . Namun usaha sekelompok pemuda tersebut tidak mudah, karena ada seorang tokoh antagonis yang juga menginginkan artefak tersebut. Tokoh antagonis tersebut adalah kolektor benda-benda bersejarah.  dms/d