Tuesday, 20 November 2018

Atasi Banjir di Tegal Alur, Kali Semongol Dinormalisasi

Minggu, 15 Desember 2013 — 23:06 WIB
ilusluarah

KALIDERES (Pos Kota) – Warga Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat  menyambut gembira normalisasi Kali Semongol. Pengerukan sampah yang menumpuk diharapkan dapat mengurangi banjir akibat air pasang (rob) atau hujan.

Ketua RT 014/09 Tegal Alur, Ardi, mengatakan warga sangat mendukung normalisasi Kali Semongol. Karena kondisinya sudah dangkal dan penuh sampah, sehingga setiap kali terjadi rob rumah warga selalu tergenang.

“Sudah bertahun-tahun Kali Semongol belum pernah dikeruk, bahkan sudah tujuh lurah. Dan baru lurah sekarang ini berhasil ada pengerukan dan pembersihan tumpukan sampah yang ada di pinggiran Kali Semongol,” kata Ardi, kemarin.

Masyarakat sangat berterima kasih atas upaya lurah, camat, walikota dan Gubernur DKI Jakarta yang telah memperhatikan kondisi warga Tegal Alur. Apalagi di pinggiran Kali Semongol juga dijadikan tempat untuk menumpuk sampah, sehingga mengganggu kelancaran air di kali. Namun, saat ini sampah telah diangkut dan dibersihkan bersamaan dengan normalisasi kali.

BERTAHAP

Walikota Jakbar, H. Fatahillah yang meninjau ke lokasi mengatakan normalisasi sebagai salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta khususnya Pemko Jakbar untuk meminimalisir banjir.
“Normalisasi secara bertahap, saat ini hanya di wilayah RW 01 dan 09 sepanjang 1 kilometer, nantinya disusul lokasi lain,” ucapnya.

12 TAHUN

Lurah Tegal Alur, Anik Sulastri menambahkan normalisasi Kali Semongol ini merupakan langkah awal untuk mengatasi banjir di wilayahnya, setelah hampir 12 tahun atau tujuh lurah. “Banjir salah satu problem yang dihadapi di Tegal Alur.”

Selain itu, pihaknya berusaha mengatasi masalah sampah dengan membangun lokasi pembuangan sementara, sehingga warga tidak membuang sampah sembarangan. Pihak Kelurahan juga  mengandeng pihak swasta untuk membangun ruang terbuka hijau. “Di RW 14 juga dibangun pos RW dari tanah fasum Perumahan Taman Kencana yang sudah lama dinanti warga,” ucapnya. (tarta/ak)

Teks photo:
Lurah Tegal Alur, Anik Sulastri (kiri) saat mendampingi Walikota Jakbar H. Fatahillah (ke dua dari kiri) saat meninjau Kali Semongol. (tarta)

  • Mangap

    Keruk juga Muara Sungai yang sudah dangkal. Misal dekat Muara Angke dan yg lain