Monday, 19 August 2019

Di Bekasi Istri Banyak Gugat Cerai Suami

Selasa, 17 Desember 2013 — 16:23 WIB
calon-janda

BEKASI (Pos Kota) – Ratusan istri ramai-ramai gugat cerai suaminya di Pengadilan Agama (PA) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Hingga 4 September 2013 saja sudah 688 istri yang menggugat cerai suaminya dan hanya 409 suami yang menggugat cerai talak.

“Laki-laki kalau didiemin malah belagu, dikira kami tidak berani mengurus sendiri perceraian,” ujar Amelia, 26, warga Tambun Selatan saat ditemui Pos Kota di PA Cikarang.

Lilis, warga Desa Mekarsari, Tambun Selatan, mengaku terpaksa menggugat cerai suaminya karena sudah delapan bulan digantung, “Bilangnya dia mau ngurus tetapi sampai sekarang tidak juga,” ujar ibu satu anak ini.

Yusuf Effendi, Kepala PA Cikarang mengatakan tahun ini jumlah gugatan perceraian yang datang ke tempatnya meningkat “Tahun 2012 saja ada 1.400 perkara, sedangkan di Tahun 2013 sebanyakj, 1468 perkara, “Itu hingga bulan September, hingga akhir tahun 2013 nanti kemungkinan banyak.
Beberapa istri yang menggugat cerai suaminya itu, selain soal ekonomi, juga tidak jujur dan sering ringan tangan, “Laki-laki maunya gampangin aja,” cetua Lia.

ATAS DASAR AGAMA

Sementara itu Data itu tercatat di Lembaga Konsultan Bantuan Hukum (LKBH) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Bekasi.

Selain masalah ekonomi, sambungnya, perceraian juga disebabkan emosi dan persoalan harga diri. Bahkan tak jarang pula pasangan yang bercerai karena selingkuh.

Fenomena istri lebih banyak menggugat ini karena ada perasaan ego dan nafsu semata dalam berumah tangga dan biasanya karena istri yang terlalu banyak menuntut sedangkan kemampuan suami tidak ada.

Chalim mengimbau pernikahan dilakukan atas dasar agama dan cinta, sehingga tidak terjadi perceraian. Petugas di Kantor Urusan Agama diminta memberikan bekal ketika ada pasangan yang menikah. “Yang bisa mengerem angka perceraian adalah agama yang benar,” katanya.(Saban)

calon-jandaTeks: Sejumlah istri yang menggugat cerai suaminya di Pengadilan Agama Cikarang. (Saban)

  • gue

    karena cewek bekasi pengen bebas sex sm cowok lain

  • bahancikan

    sini kawin ma gua aja deh Neng…..