Sunday, 18 November 2018

Kali Semongol Meluap

Warga di Dua RW Tegal Alur Kebanjiran

Selasa, 17 Desember 2013 — 14:46 WIB
banjir-sub

KALIDERES (Pos Kota) – Ratusan rumah warga di RW 03 dan 11, Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) tergenang banjir dengan ketinggian  30 sampai 50 sentimeter. Banjir ini akibat luapan air Kali Semongol yang masih dalam pengerukan.

H.M Yusuf, 55, tokoh masyarakat RW 11 Tegal Alur mengatakan  banjir  akibat hujan deras yang terjadi Senin (16/12) sekitar pukul 22.00. Akibatnya,  Kali Semongol yang tengah dikeruk airnya meluap hingga masuk ke hunian warga.

“Air Kali Semongol penuh, sehingga meluap dan masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 12.00. Ratusan rumah warga terendam hingga ketinggian 30 – 50 Cm dan hingga saat ini masih tergenang,” jelasnya, Selasa ( 17/12).

Dikatakan, masih banyaknya bangunan liar di bantaran kali membuat sebagian kali menyempit sehingga saat hujan deras tidak dapat menampung air dan meluap. “Memang adanya program pengerukan sedikit banyak telah mengurangi genangan,” kata Yusuf.

Husen (46) warga RW 03 menambahkan hendaknya program normalisasi Kali Semongol harus dilakukan secara menyeluruh, tidak setengah-setengah. “Pengerukan dan pelebaran kali harus dilakukan menyelurh,” ujarnya.

banjir-tengah
(tarta/sir)

Teks Gbr- Genangan air di pemukiman warga di RW 03 Tegal Alur, Kalideres. (tarta)