Tuesday, 17 September 2019

Cuaca Buruk, Ribuan Truk Antre di Pelabuhan Bakauheni

Senin, 23 Desember 2013 — 19:01 WIB
Cuaca Buruk-n

LAMPUNG (Pos Kota) – Kencangnya terpaan angin dan tingginya gelombang laut di Selat Sunda, membuat penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan – Pelabuhan Merak, Banten, jelang libur Natal dan Tahun Baru melambat.

Akibatnya, ribuan truk angkutan barang memadati dermaga, Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Senin (23/12).

Manager Operasional ASDP Bakauheni, Heru Purwanto mengatakan, selain meningkatnya jumlah penumpang dan kendaraan, cuaca buruk yang terjadi di wilayah perairan Selat Sunda .

Kapal Motor Penumpang (KMP) harus mengurangi kecepatan berlayarnya dan mengutamakan keselamatan. “Mudah-mudahan cuaca bisa kembali normal dan aktivitas berjalan lancar  kembali seperti biasa,” kata Heru.

Sementara itu menurut Rohim ,36, sopir truk akspedisi, dirinya berharahap bisa secepatnya menyeberang karena jika harus menunggu lebih lama lagi, dia khawatir uang jalannya tidak cukup.

“Bukan saya saja yang rugi tapi bos saya juga rugi, karena terlambat.”ujar Rohim.

Berdasarkan data ASDP Pelabuhan Bakauheni, dalam sehari sebanyak 2.800 truk menyebrang, kemudian melonjak hingga menjadi 4.200 truk. Sedangkan kapasitas muat Kapal RoRo tidak dapat menampung jumlah kendaraan yang ada.

Untuk kendaraan angkutan umum dan kendaraan pribadi mengalami peningkatan dari 1000 hingga 1500 dan melonjak lagi menjadi 2600 perhari, namun pihak ASDP mendahulukan kendaraan angkutan penupang (orang).(Koesma/d)