Saturday, 22 September 2018

Ratusan Warga Tumpah Ruah ke Festival Kreatifitas Kesenian Budaya Nasional

Senin, 23 Desember 2013 — 6:33 WIB
Salah satu bentuk ekonomi kreatif. (ist)

Salah satu bentuk ekonomi kreatif. (ist)

TEBET (Pos Kota) – Ratusan warga Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan tumpah ruah pada gelar Festival Kreatifitas Kesenian Budaya Nasional.

Acara dibuka Wakil Camat Tebet, M.Soleh didampingi Kepala UPT Balai Latihan Kesenian Tebet, Diah Damayanti dan Lurah Kebon Baru, Bambang Suhada serta diikuti ratusan warga Kebon Baru dan warga yang tinggal di Bantaran Kali Ciliwung (bacili).

“Semoga festival kebudayaan ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan untuk menggali dan melestarikan seni budaya daerah agar dapat dilestarikan ke generasi mendatang,” kata Soleh seraya memukul Gendang Rempak menandainya pembukaan festival budaya kampung kreatif bacili, Minggu (22/12).

Diah menjelaskan festival tersebut bertujuan melestarikan budaya lokal sebagai unsur penting kekuatan nasional. Serta sebagai sarana bakat aktivitas pemuda dan anak-anak agar tidak asing dengan kebudayaannya sendiri.

“Seiring globalisasi, pengaruh seni budaya modern semakin menyeruak. Hal ini harus disikapi dengan memperkuat sendi-sendi seni budaya daerah bagi masyarakat khususnya di kalangan generasi muda,” urainya.

Festival menampilkan berbagai seni budaya lokal seperti tari Jaipong, atraksi Palang Pintu, Lenong dan Gambang Kromong, Marawis, Pencak Silat, Gendang Rampak dan lainnya.

Bambang Suhada, Lurah Kebon Baru menuturkan festival ini sangat penting sebagai ajang promosi seni budaya dan wisata kuliner khususnya wisata kuliner Betawi.

“Juga menampilkan bazar yang merupakan hasil kerajinan tangan dan kreativitas masyarakat,” ucapnya.

Misalnya dengan memanfaatkan limbah dari sampah plastik untuk dibuat dalam berbagai produk rumahan seperti tas, dompet dan tempat tisu. (Rachmi)

Teks : Atraksi tari Jaipong menyemarakkan Festival Budaya Kampung Kreatif diikuti ratusan warga di Bukit Duri, Tebet, Jaksel, Minggu (22/12). (Rachmi)